PU-net

BASIS DATA
PUSAT PENGEMBANGAN INFRASTRUKTUR PEKERJAAN UMUM DAN PERUMAHAN RAKYAT WILAYAH III

Profil Kota Tebing Tinggi

Kota Tebing Tinggi

Sumatera Utara

FUNGSI KOTA
Pusat Kegiatan Wilayah (PKW)
TANGGAL PEMBENTUKAN
1917-07-01
KLASIFIKASI UKURAN KOTA
Kota Sedang
JUMLAH PENDUDUK
158.902 jiwa
LUAS WILAYAH
38,44 km2

PROFIL KOTA

Kota Tebing Tinggi adalah salah satu dari tujuh kota yang ada di Provinsi Sumatera Utara dan berjarak sekitar 78 km dari Kota Medan. Kota Tebing Tinggi berada di bagian tengah Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Serdang Bedagai yang dibatasi oleh PTPN III Rambutan di sebelah utara, PT. Sucofindo Kebun Tanah Besih di sebelah timur, PTPN III Kebun Pabatu di sebelah selatan, dan PTPN III Kebun Gunung Pamela Bandar Bejambu di sebelah barat. Ketinggian Kota Tebing Tinggi berada pada kisaran 18-34 mdpl. Secara administratif, Kota Tebing Tinggi terdiri dari 5 kecamatan yaitu Kecamatan Padang Hulu, Kecamatan Tebing Tinggi Kota, Kecamatan Rambutan, Kecamatan Bajenis, dan Kecamatan Padang Hilir. 

Jumlah penduduk Kota Tebing Tinggi pada tahun 2016 yaitu 158.902 jiwa yang terdiri dari 78.582 jiwa penduduk laki-laki dan 80.320 jiwa penduduk perempuan. Kepadatan penduduk Kota Tebing Tinggi tahun 2016 mencapai 4.130 jiwa/km2 dengan kepadatan penduduk tertingi terletak di Kecamatan Tebing Tinggi Kota dengan kepadatan sebesar 7.220 jiwa/km2 sedangkan kepadatan penduduk terendah terletak di Kecamatan Padng Hilir dengan kepadatan sebesar 2.870 jiwa/km2. Komposisi penduduk Kota Tebing Tinggi didominasi oleh penduduk muda/dewasa dengan persentase penduduk usia produktif mencapai 66,78% total jumlah penduduk. 

Berdasarkan RPJMN 2015-2019 Kota Tebing Tinggi termasuk ke dalam lokasi prioritas yang diarahkan sebagai Sebagai pusat kegiatan wilayah (PKW) yang berorientasi mendorong potensi produksi pertanian dengan cara meningkatkan spesialisasi fungsi sektor pertanian dan perdagangan.

2017 - Penyiapan Masterplan Infrastruktur Pengembangan Kawasan Kota Sedang Tebingtinggi, Dumai, Singkawang dan Kota Baru Palembang, Makassar, Manado: Tebing Tinggi (Deluxe) TAMPILKAN
UNDUH

Maksud dari Penyiapan Masterplan Infrastruktur Pengembangan Kawasan Kota Sedang dan Kota Baru ini adalah untuk untuk melakukan identifikasi profil wilayah, infrastruktur dan kebutuhan infrastruktur PUPR untuk memberikan dukungan dalam rangka perencanaan program infrastruktur PUPR untuk mewujudkan lokasi prioritas pembangunan kota sedang dan kota baru publik yang mandiri dan terpadu sebagai penggerak aktivitas ekonomi bagi wilayah sekitar guna mendukung perwujudan pemerataan pembangunan di Indonesia. Salah satu kota yang menjadi wilayah studi adalah Tebing Tinggi, di mana Tebing Tinggi berperan sebagai Pusat Kegiatan Wilayah (PKW) yang berorientasi produksi pertanian dengan cara meningkatkan spesialisasi fungsi sektor pertanian dan perdagangan.