PU-net

BASIS DATA
PUSAT PENGEMBANGAN INFRASTRUKTUR PEKERJAAN UMUM DAN PERUMAHAN RAKYAT WILAYAH III

Profil Kota Kendari

Kota Kendari

Sulawesi Tenggara

FUNGSI KOTA
Pusat Kegiatan Nasional (PKN)
TANGGAL PEMBENTUKAN
1832-05-09
KLASIFIKASI UKURAN KOTA
Kota Sedang
JUMLAH PENDUDUK
359.371 jiwa
LUAS WILAYAH
267,37 km2
WEBSITE PEMERINTAHAN

PROFIL KOTA

Kota Kendari merupakan ibukota Provinsi Sulawesi Tenggara, secara astronomis terletak di bagian selatan garis khatulistiwa berada di antara 3°54'40" - 4°5'5" LS dan 122°26'33" - 122°39'14" BT. Wilayah Kota Kendari berbatasan dengan Kabupaten Konawe di sebelah utara, Kabupaten Konawe Selatan di sebelah selatan dan barat, dan Laut Kendari di sebelah timur. Kota Kendari terdiri dari 10 kecamatan yaitu Kecamatan Mandonga, Kecamatan Baruga, Kecamatan Puuwatu, Kecamatan Kadia, Kecamatan Wua-wua, Kecamatan Poasia, Kecamatan Abeli, Kecamatan Kambu, Kecamatan Kendari, dan Kecamatan Kendari Barat. Kota Kendari memiliki tipologi tanah yang terdiri dari 14 jenis tanah diantaranya aluvial, glisol, litosol, dan podsolik sehingga menguntungkan bagi kegiatan pertanian, perkebunan, konstruksi, perikanan, dan lain-lain. 

Jumlah penduduk Kota Kendari pada tahun 2016 yaitu 359.371 jiwa yang terdiri dari 181.392 jiwa penduduk laki-laki dan 177.979 jiwa penduduk perempuan. Dibandingkan dengan jumlah penduduk tahun sebelumnya, penduduk Kota Kendari mengalami pertumbuhan sebesar 3,42%. Kepadatan penduduk di Kota Kendari tahun 2016 mencapai 1.215 jiwa/km2 dengan kepadatan penduduk tertinggi di Kecamatan Kadia sebesar 6.391 jiwa/km2 dan kepadatan penduduk terendah di Kecamatan Baruga sebesar 488 jiwa/km2. Laju pertumbuhan penduduk di Kota Kendari pada tahun 2015 sebesar 3,46%. 

Berdasarkan sistem perkotaan nasional, Kota Kendari ditetapkan sebagai Pusat Kegiatan Nasional (PKN). Dalam RPJMN 2015-2019,  Kota Kendari diarahkan sebagai kota yang berfungsi sebagai Pusat Kegiatan Nasional (PKN) dan berorientasi pada kegiatan pariwisata, pengolahan hasil perkebunan, tangkapan ikan, dan perdagangan yang melayani kebutuhan pengembangan sentra-sentra produksi wilayah Sulawesi Tenggara. 

2016 - Penyusunan Masterplan Infrastruktur PUPR Kawasan Perkotaan PKN dan PKW di Pulau Kalimantan dan Sulawesi: Kendari (Deluxe) TAMPILKAN
UNDUH

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 26 Tahun 2008 tentang RTRWN, Kota Kendari memiliki fungsi sebagai PKN (Pusat Kegiatan Nasional) yang menjadi pusat dari PKW (Pusat Kegiatan Wilayah) Bau – Bau. Kota Kendari merupakan kawasan andalan yang memiliki fungsi sebagai kawasan perikanan dan industri.

2016 - Penyusunan Masterplan Infrastruktur PUPR Kawasan Perkotaan PKN dan PKW di Pulau Kalimantan dan Sulawesi: Kendari (Laporan) TAMPILKAN
UNDUH

Muatan dalam laporan ini terdiri dari penyiapan panduan standar dan format profil, rencana dan program infrastruktur PUPR, identifikasi data-data dasar masing-masing kawasan perkotaan, identifikasi kebijakan pembangunan kawasan perkotaan dan infrastrukturnya dalam lingkup nasional, provinsi, dan kabupaten/kota, Pengumpulan data-data infrastruktur, Identifikasi isu strategis masing-masing PKN dan PKW berdasarkan data-data dasar, Analisis kebutuhan pembangunan infrastruktur PUPR untuk bidang sumber daya air, bidang jalan dan jembatan, bidang infrastruktur permukiman, dan bidang perumahan, serta Penyusunan Rencana dan Program Pembangunan Infrastruktur .