PU-net

BASIS DATA
PUSAT PENGEMBANGAN INFRASTRUKTUR PEKERJAAN UMUM DAN PERUMAHAN RAKYAT WILAYAH III

Profil Kota Baubau

Kota Baubau

Sulawesi Tenggara

FUNGSI KOTA
Pusat Kegiatan Wilayah (PKW)
TANGGAL PEMBENTUKAN
2001-10-17
KLASIFIKASI UKURAN KOTA
Kota Sedang
JUMLAH PENDUDUK
158.271 jiwa
LUAS WILAYAH
293,18 km2
WEBSITE PEMERINTAHAN

PROFIL KOTA

Kota Baubau secara geografis terletak di bagian Selatan Propinsi Sulawesi Tenggara tepatnya berada di Pulau Buton, yang terletak pada 05˚15' - 05˚32' Lintang Selatan dan di antara 122˚30' - 122˚46' Bujur Timur dengan luas wilayah sekitar 221 Km². Adapun batas aministrasi wilayah Kota Baubau adalah sebagai berikut:

  • Sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Kapontori
  • Sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Pasarwajo
  • Sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Batauga
  • Sebelah Barat berbatasan dengan Selat Buton

Kondisi topografi wilayah Kota Baubau relatif bervariasi mulai dari topografi yang datar, bergelombang hingga berbukit. Kawasan yang mempunyai kemiringan lahan 0-8% adalah kawasan yang berada dibagian Utara dan Barat wilayah Kota Baubau, semakin ke timur kemiringan semakin besar dan merupakan perbukitan yang membentang dari Utara ke Selatan. Topografi wilayah datar berada pada tempat-tempat yang saat ini merupakan pusat-pusat permukiman di Kecamatan Betoambari dan Wolio sedangkan ketingginan tempat tertinggi sebagian besar berada di Kecamatan Sorawolio.

Kota Baubau dikelilingi oleh daerah belakang (hinterland) berupa dataran yang termasuk dalam kelas lereng agak curam yaitu berkisar antara 15% sampai dengan 40% dan kelerengan di atas 40% serta beberapa bagian wilayah dengan kelerengan antara 2% hingga 15% yang terdapat di Kecamatan Betoambari dan Kecamatan Bungi. Kelerengan yang cukup tinggi merupakan limitasi dalam pengembangan pusat-pusat permukiman Kota Baubau terutama ke arah Selatan, wilayah-wilayah dengan kelerengan di atas 15 % dimanfaatkan untuk perkebunan dan hutan.

Berdasarkan proyeksi penduduk tahun 2016, penduduk kota Baubau sebanyak 158.271 jiwa yang terdiri atas 78.271 jiwa penduduk laki-laki dan 80.070 jiwa penduduk perempuan. Dibandingkan dengan proyeksi penduduk tahun 2015 jumlah penduduk kota Baubau tahun 2016 mengalami pertumbuhan sebesar 2,41 %. Kepadatan penduduk di Kota Baubau tahun 2016 mencapai 540 jiwa/km2, kepadatan penduduk tertinggi terletak di kecamatan Batupoaro dengan kepadatan sebesar 17.822 jiwa/km2 dan terendah di kecamatan Sorawolio sebesar 74 jiwa/km2. 

Dalam RPJMN 2015-2019,  Kota Bau-Bau diarahkan sebagai kota yang berfungsi sebagai Pusat Kegiatan Wilayah (PKW) yang berorientasi pada aktivitas pariwisata bahari-ekowisata yang memanfaatkan kawasan Taman Laut Nasional Wakatobi yang memiliki nilai global heritage di bidang keanekaragaman flora dan fauna laut dan pengolahan ikan tangkap. 

ASET PUSAKA

Kota Baubau memiliki beberapa aset pusaka baik yang berupa aset pusaka tangible berupa benda/bangunan/situs bersejarah maupun aset pusaka non-benda yang berupa tarian, prosesi adat, dan sebagainya. Aset pusaka bangunan/situs bersejarah yang terdapat di Kota Baubau yaitu Benteng Keraton Wolio, Masjid Agung Keraton Buton, Masjid Quba Baadia, Jangkar/Samparaja, Baruga, Bato Popaua, Batu Wolio (Yi Gandangi), Simbol Naga, Simbol Nanas, Rumah Adat Malige, Rumah Adat Kamali, Rumah Adat Banua Tada, Makam Sultan Murhum, Makam Sangia Lampenano, Makam Sangia La Kambau, dan Pelabuhan Baubau. Sedangkan aset pusaka non-benda yang terdapat di Kota Baubau, yaitu Prosesi Kakande-kandea, Tuturangiana Andala/Pakandeana, Pesta Adat Mata'a, Posuo, Ritual Gorana Oputa, Qunut, Upacara Adat Alanaa Bulua, Upacara Adat Dole-dole, Haroa Maludu, Tari Mangaru, Tarian Kalegoa, Tari Galangi, Tari Linda, dan Tari Mencei. 

2016 - Program Pengembangan Kota Kompak Cerdas Baubau (Paparan) TAMPILKAN
UNDUH

Tujuan dari program pengembangan kota kompak cerdas ini adalah untuk menyusun rencana dan program pembangunan infrastruktur bidang PUPR di kawasan perkotaan dalam kerangka pembangunan perkotaan tematik berkelanjutan yaitu hijau, kompak, cerdas, lestari/berbudaya dan berketahanan. Lokasi Kota Kompak Cerdas di Kota Baubau terletak di Kawasan Khusus Benteng Keraton. Isu strategis yang terdapat di kawasan tersebut yaitu: 1. Permukiman sebagian kumuh 2. Potensi wisata 3. Bedah rumah/homestay wisata Kementerian Pariwisata Tema pengembangan Kota Kompak Cerdas untuk Kota Baubau yaitu Kota Hijau Pusaka.