PU-net

BASIS DATA
PUSAT PENGEMBANGAN INFRASTRUKTUR PEKERJAAN UMUM DAN PERUMAHAN RAKYAT WILAYAH III

Profil Kota Bima

Kota Bima

Nusa Tenggara Barat

FUNGSI KOTA
-
TANGGAL PEMBENTUKAN
2002-04-10
KLASIFIKASI UKURAN KOTA
Kota Sedang
JUMLAH PENDUDUK
163.101 jiwa
LUAS WILAYAH
222,25 km2
WEBSITE PEMERINTAHAN

PROFIL KOTA

Kota Bima secara geografis terletak diujung timur Pulau Sumbawa di antara 8°20'-8°30' Lintang Selatan dan 118°41'-118°48' Bujur Timur, dengan sebagian besar batas wilayahnya dikelilingi oleh wilayah Kabupaten Bima yaitu :

  • Kecamatan Ambalawi, disebelah Utara
  • Kecamatan Palibelo, disebelah Selatan
  • Kecamatan Wawo, disebelah Timur
  • Teluk Bima, disebelah Barat

Luas wilayah Kota Bima meliputi wilayah daratan seluas 222,25 km2, dengan jumlah kecamatan sebanyak 5 kecamatan yang dihuni oleh penduduk asli suku Bima dan beberapa suku pendatang lainnya. Hampir sepertiga atau 31,06 persen wilayah Kota Bima merupakan bagian wilayah kecamatan Asakota, kemudian 28,83 persen dan 28,67 persen merupakan wilayah kecamatan Rasanae Timur dan kecamatan Raba. Sisanya kurang lebih 10 persen adalah wilayah Kecamatan Rasanae Barat dan Mpunda.

Jumlah penduduk Kota Bima hanya 3,3 persen dari total penduduk Nusa Tenggara Barat atau hanya sepertiga dari jumlah penduduk Kota Mataram, yaitu sebesar 163.101 jiwa pada tahun 2016 yang terdiri dari 80.103 jiwa penduduk laki-laki dan 82.998 jiwa penduduk perempuan. Dibandingkan dengan proyeksi jumlah penduduk tahun 2015, penduduk Kota Bima mengalami pertumbuhan sebesar 2,1%. Kepadatan penduduk di Kota Bima pada tahun 2016 mencapai 734 jiwa/km2. Kecamatan dengan kepadatan penduduk tertinggi yaitu Kecamatan Rasanae Barat sebesar 3.675 jiwa/km2 dan kecamatan dengan kepadatan penduduk terendah yaitu Kecamatan Rasanae Timur sebesar 267 jiwa/km2. 

2016 - Penyusunan Masterplan Infrastruktur PUPR Kawasan Perkotaan PKN dan PKW di Pulau Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua: Bima (Deluxe) TAMPILKAN
UNDUH

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 26 Tahun 2008 tentang RTRWN, Perkotaan Raba memiliki fungsi sebagai PKW (Pusat Kegiatan Wilayah). Simpul transportasi udara nasional pendukung perkotaan Raba yaitu bandar udara Muhammad Salahuddin yang berhirarki sebagai pusat penyebaran tersier yang terletak di kabupaten Bima. Perkotaan Raba masuk dalam kawasan andalan kawasan Bima yang memiliki sektor unggulan pertanian, industri, pariwisata dan perikanan. Profil PKW Raba (Kota Bima), Masterplan Pengembangan Infrastruktur PKW Raba tahun 2025, Development Plan Pengembangan Infrastruktur PKW Raba tahun 2015-2019, serta Program Utama PKW Raba tahun 2018 dibahas dalam buku deluxe ini.

2016 - Penyusunan Masterplan Infrastruktur PUPR Kawasan Perkotaan PKN dan PKW di Pulau Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua: Bima (Laporan) TAMPILKAN
UNDUH

Muatan dalam laporan ini terdiri dari penyiapan panduan standar dan format profil, rencana dan program infrastruktur PUPR, identifikasi data-data dasar masing-masing kawasan perkotaan, identifikasi kebijakan pembangunan kawasan perkotaan dan infrastrukturnya dalam lingkup nasional, provinsi, dan kabupaten/kota, Pengumpulan data-data infrastruktur, Identifikasi isu strategis masing-masing PKN dan PKW berdasarkan data-data dasar, Analisis kebutuhan pembangunan infrastruktur PUPR untuk bidang sumber daya air, bidang jalan dan jembatan, bidang infrastruktur permukiman, dan bidang perumahan, serta Penyusunan Rencana dan Program Pembangunan Infrastruktur.