PU-net

BASIS DATA
PUSAT PENGEMBANGAN INFRASTRUKTUR PEKERJAAN UMUM DAN PERUMAHAN RAKYAT WILAYAH III

Profil Kota Pangkal Pinang

Kota Pangkal Pinang

Kepulauan Bangka Belitung

FUNGSI KOTA
Pusat Kegiatan Nasional (PKN)
TANGGAL PEMBENTUKAN
1757-09-17
KLASIFIKASI UKURAN KOTA
Kota Sedang
JUMLAH PENDUDUK
200.326 jiwa
LUAS WILAYAH
118,408 km2

PROFIL KOTA

Kota Pangkal Pinang merupakan pusat pemerintahan, pusat pemerintahan kota di Kelurahan Bukit Intan, dan pusat pemerintahan provinsi dan instansi vertikal di Kelurahan Air Itam. Kantor pusat PT. Timah Tbk. juga berada di sini. Pangkal Pinang juga merupakan pusat aktivitas bisnis/perdagangan dan industri di Bangka Belitung. Wilayah Kota Pangkal Pinang berbatasan dengan Kabupaten Bangka Tengah di sebelah utara, timur, dan barat berbatasan serta Laut Cina Selatan di sebelah timur. Kondisi alam wilayah Kota Pangkal Pinang pada umumnya bergelombang dan berbukit dengan ketinggian 20 – 50 mdpl dan kemiringan 0 – 25%. Morfologi daerahnya berbentuk cekung dimana bagian pusat kota berada di daerah rendah dengan bagian bagian barat dan selatan Kota Pangkal Pinang berbukit-bukit. Terdapat 7 kecamatan di Kota Pangkal Pinang, yaitu Kecamatan Rangkui, Kecamatan Bukit Intan, Kecamatan Girimaya, Kecamatan Pangkalbalam, Kecamatan Gabek, Kecamatan Tamansari, dan Kecamatan Gerunggang.

Jumlah penduduk Kota Pangkal Pinang pada tahun 2016 yaitu 200.326 orang yang terdiri dari 102.795 jiwa penduduk laki-laki dan 97.531 jiwa penduduk perempuan. Kepadatan penduduk Kota Pangkal Pinang mencapai 1.692 jiwa/km2 dengan kecamatan terpadat yaitu Kecamatan Rangkui sebesar 7.673 jiwa/km2. Berdasarkan komposisi penduduknya, Kota Pangkal Pinang didominasi oleh penduduk usia muda dengan laju pertumbuhan yang cukup tinggi. 

2016 - Penyusunan Masterplan Infrastruktur PUPR Kawasan Perkotaan PKN dan PKW di Pulau Sumatera dan Jawa: Pangkal Pinang (Deluxe) TAMPILKAN
UNDUH

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 26 Tahun 2008 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional, Kota Pangkalpinang memiliki fungsi sebagai Pusat Kegiatan Wilayah (PKW). Profil PKW Pangkal Pinang, Masterplan Pengembangan Infrastruktur PKW Pangkal Pinang tahun 2025, Development Plan Pengembangan Infrastruktur PKW Pangkal Pinang tahun 2015-2019, serta Program Utama PKW Pangkal Pinang tahun 2018 dibahas dalam buku deluxe ini.

2016 - Penyusunan Masterplan Infrastruktur PUPR Kawasan Perkotaan PKN dan PKW di Pulau Sumatera dan Jawa: Pangkal Pinang (Laporan) TAMPILKAN
UNDUH

Muatan dalam laporan ini terdiri dari penyiapan panduan standar dan format profil, rencana dan program infrastruktur PUPR, identifikasi data-data dasar masing-masing kawasan perkotaan, identifikasi kebijakan pembangunan kawasan perkotaan dan infrastrukturnya dalam lingkup nasional, provinsi, dan kabupaten/kota, Pengumpulan data-data infrastruktur, Identifikasi isu strategis masing-masing PKN dan PKW berdasarkan data-data dasar, Analisis kebutuhan pembangunan infrastruktur PUPR untuk bidang sumber daya air, bidang jalan dan jembatan, bidang infrastruktur permukiman, dan bidang perumahan, serta Penyusunan Rencana dan Program Pembangunan Infrastruktur .