PU-net

BASIS DATA
PUSAT PENGEMBANGAN INFRASTRUKTUR PEKERJAAN UMUM DAN PERUMAHAN RAKYAT WILAYAH III

Profil Kota Bontang

Kota Bontang

Kalimantan Timur

FUNGSI KOTA
Pusat Kegiatan Nasional (PKN)
TANGGAL PEMBENTUKAN
1999-10-12
KLASIFIKASI UKURAN KOTA
Kota Sedang
JUMLAH PENDUDUK
166.868 jiwa
LUAS WILAYAH
147,8 km2

PROFIL KOTA

Kota Bontang secara astronomis terletak di antara 117°23’ - 117°38’ Bujur Timur dan antara 0°01’ - 0°12’ Lintang Utara dengan batas wilayah yang meliputi, Kabupaten Kutai Timur di sebelah utara dan barat, Selat Makassar di sebelah timur, dan Kabupaten Kutai Kertanegara di sebelah selatan. Wilayah Kota Bontang didominasi oleh lautan. Kota Bontang memiliki wilayah daratan seluas 147,8 km2 (29,70 %), sedangkan sisanya merupakan lautan dengan luas wilayah lautan yaitu 349,7 km2 (70,29 %). Letak Kota Bontang cukup strategis yaitu terletak pada jalan trans Kalimantan Timur dan berbatasan langsung dengan Selat Makasar yang merupakan Alur Laut Kepulauan Indonesia II (ALKI II) dan Internasional sehingga menguntungkan dalam mendukung interaksi wilayah Kota Bontang dengan wilayah lain diluar Kota Bontang baik dalam skala nasional, regional maupun internasional.

Wilayah Kota Bontang berupa permukaan tanah yang datar, landai, berbukit dan bergelombang. Secara topografi kawasan Kota Bontang memiliki ketinggian antara 0 – 120 meter diatas permukaan laut (m dpl) dengan kemiringan lereng yang bervariasi dan terdiri dari sebagian besar wilayah daratan dan beberapa wilayah berupa pulau-pulau kecil. Ditinjau dari kemiringan lerengnya, Kota Bontang memiliki kemiringan lereng yang bervariasi dari pantai Timur dan Selatan hingga bagian Barat. Kemiringan lahan datar antara 0% - 2% mempunyai luasan 7.211 ha atau 48,79%, Kemiringan lahan bergelombang antara 3% - 15% seluas 4.001 ha atau 27,07%, serta luas lahan dengan kemiringan curam antara 16% - 40% hampir sama dengan luas bergelombang yaitu 24,14% atau 3.568 ha.

Jumlah penduduk Kota Bontang pada tahun 2016 adalah 166.868 jiwa dengan jumlah penduduk laki-laki sebesar 87.297 jiwa dan jumlah penduduk perempuan sebesar 79.571 jiwa. Kepadatan penduduk Kota Bontang yaitu 1.129 jiwa/km2 dengan kepadatan penduduk tertinggi berada di Kecamatan Bontang Utara sebesar 2.131 jiwa/km2 karena sebesar 40,68% penduduk tinggal di kecamatan tersebut. Sedangkan kepadatan penduduk di Kecamatan Bontang Selatan sebesar 600 jiwa/km2 dan Kecamatan Bontang Barat sebesar 1.864 jiwa/km2. 

Kota Bontang merupakan bagian dari Kabupaten Kutai dan menjadi daerah otonom berdasarkan Undang-Undang No. 47/1999 tentang Pemekaran Provinsi dan Kabupaten. Kota Bontang merupakan daerah otonomi dengan luas wilayah terkecil di Kalimantan Timur. Dalam RPJMN 2015-2019,  Kota Bontang diarahkan sebagai Pusat Kegiatan Nasional (PKN) yang memantapkan fungsi-fungsi keterkaitan dengan pusat pertumbuhan wilayah internasional dan mendorong perkembangan sektor industri. Terdapat 2 perusahaan besar yang beroperasi di Kota Bontang, yaitu PT. Badak NGL dan PT. Pupuk Kaltim.

ASET PUSAKA

Kota Bontang memiliki beberapa aset pusaka baik yang berupa aset pusaka tangible berupa benda/bangunan/situs bersejarah maupun aset pusaka non-benda yang berupa tarian, prosesi adat, dan sebagainya. Aset pusaka bangunan/situs bersejarah yang terdapat di Kota Bontang yaitu Museum Trinil, Benteng Pendem (Van de Bosch), Pesanggrahan Srigati, Monumen Soerjo, dan Rumah dr. KRT Radjiman Wedyodiningrat. Sedangkan aset pusaka non-benda yang terdapat di Kota Bontang, yaitu Upacara Jamasan Pusaka, Tari Pentul Melikan, Tari Orek-Orek, Tari Bedoyo Srigati, dan Upacara Keduk Bedji. 

2016 - Penyusunan Masterplan Infrastruktur PUPR Kawasan Perkotaan PKN dan PKW di Pulau Kalimantan dan Sulawesi: Bontang (Deluxe) TAMPILKAN
UNDUH

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 26 Tahun 2008 tentang RTRWN, Kota Bontang memiliki fungsi sebagai PKN Kawasan Perkotaan Balikpapan-Tenggarong-Samarinda-Bontang di Provinsi Kalimantan Timur. Profil PKN Kota Bontang, Masterplan Pengembangan Infrastruktur PKN Kota Bontang tahun 2025, Development Plan Pengembangan Infrastruktur PKN Kota Bontang tahun 2015-2019, serta Program Utama PKN Kota Bontang tahun 2018 dibahas dalam buku deluxe ini.

2016 - Penyusunan Masterplan Infrastruktur PUPR Kawasan Perkotaan PKN dan PKW di Pulau Kalimantan dan Sulawesi: Bontang (Laporan) TAMPILKAN
UNDUH

Muatan dalam laporan ini terdiri dari penyiapan panduan standar dan format profil, rencana dan program infrastruktur PUPR, identifikasi data-data dasar masing-masing kawasan perkotaan, identifikasi kebijakan pembangunan kawasan perkotaan dan infrastrukturnya dalam lingkup nasional, provinsi, dan kabupaten/kota, Pengumpulan data-data infrastruktur, Identifikasi isu strategis masing-masing PKN dan PKW berdasarkan data-data dasar, Analisis kebutuhan pembangunan infrastruktur PUPR untuk bidang sumber daya air, bidang jalan dan jembatan, bidang infrastruktur permukiman, dan bidang perumahan, serta Penyusunan Rencana dan Program Pembangunan Infrastruktur .