PU-net

BASIS DATA
PUSAT PENGEMBANGAN INFRASTRUKTUR PEKERJAAN UMUM DAN PERUMAHAN RAKYAT WILAYAH III

Profil Kota Palangkaraya

Kota Palangkaraya

Kalimantan Tengah

FUNGSI KOTA
Pusat Kegiatan Nasional (PKN)
TANGGAL PEMBENTUKAN
1957-07-17
KLASIFIKASI UKURAN KOTA
Kota Sedang
JUMLAH PENDUDUK
267.757 jiwa
LUAS WILAYAH
2.853,52 km2
WEBSITE PEMERINTAHAN

PROFIL KOTA

Kota Palangkaraya merupakan ibukota Provinsi Kalimantan Tengah. Kota Palangkaraya terletak di tengah-tengah Indonesia dan memiliki wilayah terluas kedua di Indonesia sebesar 2.853,52 km2 dan terbagi ke dalam 5 kecamatan yaitu Kecamatan Pahandut, Kecamatan Sabangau, Kecamatan Jekan Raya, Kecamatan Bukit Batu, dan Kecamatan Rakumpit. Wilayah Kota Palangkaraya berbatasan dengan Kabupaten Gunung Mas di sebelah utara dan timur, Kabupaten Pulang Pisau di sebelah selatan, dan Kabupaten Katingan di sebelah barat. Suhu udara di Kota Palangkaraya selama tahun 2016 berkisar antara 21°C - 35,6°C. Jumlah hari hujan yang terjadi sebanyak 199 hari dalam setahun dengah rata-rata curah hujan per tahun 300,91 mm dan kelembapan udara rata-rata 83,18%. 

Jumlah penduduk Kota Palangkaraya pada tahun 2016 sebanyak 267.757 jiwa yang terdiri dari 137.057 jiwa penduduk laki-laki dan 130.700 jiwa penduduk perempuan. Angka ini meningkat dari tahun 2015 dengan tingkat pertumbuhan penduduk sebesar 3,04%. Peningkatan jumlah penduduk ini berpengaruh pada peningkatan kepadatan penduduk di Kota Palangkaraya yaitu sebesar 94 jiwa/km2. Angka sex ratio di Kota Palangkaraya selama tiga tahun terakhir tidak mengalami perubahan yang signifikan yaitu sebesar 104,86. Hal ini menunjukkan bahwa jumlah penduduk laki-laki lebih banyak daripada jumlah penduduk perempuan. Berdasarkan piramida penduduknya, Kota Palangkaraya tergolong dalam piramida struktur penduduk muda dengan kelompok umur 20-24 tahun jumlahnya lebih banyak dari kelompok umur lainnya. 

Dalam RPJMN 2015-2019,  Kota Palangkaraya diarahkan untuk menjadi pusat kegiatan Nasional (PKN) yang berorientasi pada upaya mendorong perkembangan sektor produksi wilayah seperti perdagangan, pertanian, dan pertambangan galian logam. Visi pembangunan Kota Palangkaraya berdasarkan RPJMD Kota Palangkaraya tahun 2013-2018 yaitu "Terwujudnya Kota Palangkaraya sebagai Kota Pendidikan, Jasa, dan Wisata Berkualitas, Tertata, dan Berwawasan Lingkungan menuju Masyarakat Sejahtera sesuai Falsafah Budaya Betang. 

2016 - Penyusunan Masterplan Infrastruktur PUPR Kawasan Perkotaan PKN dan PKW di Pulau Kalimantan dan Sulawesi: Palangkaraya (Deluxe) TAMPILKAN
UNDUH

Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 26/2008 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Palangkaraya memiliki fungsi sebagai Pusat Kegiatan Nasional (PKN). Profil PKN Kota Palangkaraya, Masterplan Pengembangan Infrastruktur PKN Kota Palangkaraya tahun 2025, Development Plan Pengembangan Infrastruktur PKN Kota Palangkaraya tahun 2015-2019, serta Program Utama PKN Kota Palangkaraya tahun 2018 dibahas dalam buku deluxe ini.

2016 - Penyusunan Masterplan Infrastruktur PUPR Kawasan Perkotaan PKN dan PKW di Pulau Kalimantan dan Sulawesi: Palangkaraya (Laporan) TAMPILKAN
UNDUH

Muatan dalam laporan ini terdiri dari penyiapan panduan standar dan format profil, rencana dan program infrastruktur PUPR, identifikasi data-data dasar masing-masing kawasan perkotaan, identifikasi kebijakan pembangunan kawasan perkotaan dan infrastrukturnya dalam lingkup nasional, provinsi, dan kabupaten/kota, Pengumpulan data-data infrastruktur, Identifikasi isu strategis masing-masing PKN dan PKW berdasarkan data-data dasar, Analisis kebutuhan pembangunan infrastruktur PUPR untuk bidang sumber daya air, bidang jalan dan jembatan, bidang infrastruktur permukiman, dan bidang perumahan, serta Penyusunan Rencana dan Program Pembangunan Infrastruktur .