PU-net

BASIS DATA
PUSAT PENGEMBANGAN INFRASTRUKTUR PEKERJAAN UMUM DAN PERUMAHAN RAKYAT WILAYAH III

Profil Kota Singkawang

Kota Singkawang

Kalimantan Barat

FUNGSI KOTA
Pusat Kegiatan Wilayah (PKW)
TANGGAL PEMBENTUKAN
2001-10-17
KLASIFIKASI UKURAN KOTA
Kota Sedang
JUMLAH PENDUDUK
211.508 jiwa
LUAS WILAYAH
504 km2
WEBSITE PEMERINTAHAN

PROFIL KOTA

Kota Singkawang merupakan salah satu kota di Provinsi Kalimantan Barat yang terletak 148 km arah timur laut dari Kota Pontianak. Wilayah Kota Singkawang berbatasan dengan Kabupaten Sambas di sebelah utara, Kabupaten Bengkayang di sebelah selatan dan timur, serta Laut Natuna di sebelah barat. Terdapat 5 kecamatan di wilayah Kota Singkawang, yaitu Kecamatan Singkawang Utara, Kecamatan Singkawang Barat, Kecamatan Singkawang Tengah, Kecamatan Singkawang Timur, dan Kecamatan Singkawang Selatan. Kota Singkawang dikelilingi oleh beberapa gunung diantaranya yaitu Gunung Besar, Gunung Sedau, Gunung Besi, Gunung Jintan, Gunung Sijangkung, Gunung Sari, Gunung Pasi, dan Gunung Poteng. Selain itu terdapat pula 5 sungai yang berfungsi sebagai saluran pembuangan dan sarana pengangkutan hasil pertanian dan perikanan yaitu Sungai Singkawang, Sungai Setapuk Besar, Sungai Sedau, Sungai Wie, dan Sungai Geram. 

Jumlah penduduk Kota Singkawang pada tahun 2016 yaitu 211.508 jiwa yang terdiri dari 107.975 jiwa penduduk laki-laki dan 103.533 jiwa penduduk perempuan dengan laju pertumbuhan penduduk sebesar 2,14%. Kepadatan penduduk Kota Singkawang pada tahun 2016 mencapai 420 jiwa/km2. Kecamatan dengan kepadatan penduduk tertinggi yaitu  Kecamatan Singkawang Barat sebesar 3.532 jiwa/km2 dan kecamatan dengan kepadatan penduduk terendah yaitu Kecamatan Singkawang Timur sebesar 131 jiwa/km2. 

Berdasarkan RPJMN 2015-2019 Kota Singkawang termasuk ke dalam lokasi prioritas yang Diarahkan sebagai kota agropolitan yang berfungsi sebagai Pusat Kegiatan Wilayah (PKW) yang mendorong pertumbuhan produksi pertanian dan perkebunan (kelapa sawit) di Wilayah Prov. Kalimantan Barat.

2017 - Penyiapan Masterplan Infrastruktur Pengembangan Kawasan Kota Sedang Tebingtinggi, Dumai, Singkawang dan Kota Baru Palembang, Makassar, Manado: Singkawang (Deluxe) TAMPILKAN
UNDUH

Maksud dari Penyiapan Masterplan Infrastruktur Pengembangan Kawasan Kota Sedang dan Kota Baru ini adalah untuk untuk melakukan identifikasi profil wilayah, infrastruktur dan kebutuhan infrastruktur PUPR untuk memberikan dukungan dalam rangka perencanaan program infrastruktur PUPR untuk mewujudkan lokasi prioritas pembangunan kota sedang dan kota baru publik yang mandiri dan terpadu sebagai penggerak aktivitas ekonomi bagi wilayah sekitar guna mendukung perwujudan pemerataan pembangunan di Indonesia.

Salah satu kota yang menjadi wilayah studi adalah Singkawang, di mana Singkawang merupakan salah satu daerah yang posisinya sangat strategis terletak pada jalur transit Sambas-Pontianak dan Bengkayang-Pontianak.