PU-net

BASIS DATA
PUSAT PENGEMBANGAN INFRASTRUKTUR PEKERJAAN UMUM DAN PERUMAHAN RAKYAT WILAYAH III

Profil Kota Magelang

Kota Magelang

Jawa Tengah

FUNGSI KOTA
Pusat Kegiatan Wilayah (PKW)
TANGGAL PEMBENTUKAN
0907-04-16
KLASIFIKASI UKURAN KOTA
Kota Sedang
JUMLAH PENDUDUK
121.205 jiwa
LUAS WILAYAH
18,12 km2

PROFIL KOTA

Secara astronomi, Kota Magelang terletak di antara 110°12'30" - 110°12'52" BT dan 7°26'18" - 7°30'9" LS serta pada ketinggian 380 mdpl. Wilayah Kota Magelang terletak di tengah-tengah wilayah Kabupaten Magelang. Secara administratif, Kota Magelang terbagi menjadi 3 kecamatan yaitu Kecamatan Magelang Utara, Kecamatan Magelang Tengah, dan Kecamatan Magelang Selatan. Secara topografi, sebagian wilayah Kota Magelang berada di daerah lembah Tidar. 

Jumlah penduduk Kota Magelang pada tahun 2016 yaitu 121.205 jiwa yang terdiri dari 59.688 jiwa penduduk laki-laki dan 61.517 jiwa penduduk perempuan. Kepadatan penduduk Kota Magelang mencapai 5.519 jiwa/km2 pada tahun 2016 dengan kecamatan terpadat yaitu Kecamatan Magelang Tengah dengan kepadatan penduduk sebesar 7.069 jiwa/km2. Komposisi penduduk Kota Magelang berdasarkan kelompok usia menunjukkan bahwa jumlah penduduk berusia 15-64 tahun cukup besar mencapai 70,59% dengan angka ketergantungan (dependency ratio) sebesar 42. 

Posisi Kota Magelang merupakan posisi yang strategis karena berada di jalur utama yang menghubungkan ibukota Provinsi Jawa Tengah yaitu Kota Semarang dengan DI Yogyakarta. Meskipun kecil, Kota Magelang memiliki beberapa tempat wisata menarik seperti Taman Kyai Langgeng, Bukit Tidar, Taman Badaan, Alun-alun Kota Magelang, Borobudur International Golf and Country Club, GOR Samapta, dan Taman Panca Arga. 

2016 - Penyusunan Masterplan Infrastruktur PUPR Kawasan Perkotaan PKN dan PKW di Pulau Sumatera dan Jawa: Magelang (Deluxe) TAMPILKAN
UNDUH

Berdasarkan Peraturan Pemerintah No 26 Tahun 2008 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional, perencanaan pengembangan infrastruktur pada Kota Magelang berfungsi sebagai Pusat Kegiatan Wilayah (PKW). Profil PKW Kota Magelang, Masterplan Pengembangan Infrastruktur PKW Kota Magelang tahun 2025, Development Plan Pengembangan Infrastruktur PKW Kota Magelang tahun 2015-2019, serta Program Utama PKW Kota Magelang tahun 2018 dibahas dalam buku deluxe ini.

2016 - Penyusunan Masterplan Infrastruktur PUPR Kawasan Perkotaan PKN dan PKW di Pulau Sumatera dan Jawa: Magelang (Laporan) TAMPILKAN
UNDUH

Muatan dalam laporan ini terdiri dari penyiapan panduan standar dan format profil, rencana dan program infrastruktur PUPR, identifikasi data-data dasar masing-masing kawasan perkotaan, identifikasi kebijakan pembangunan kawasan perkotaan dan infrastrukturnya dalam lingkup nasional, provinsi, dan kabupaten/kota, Pengumpulan data-data infrastruktur, Identifikasi isu strategis masing-masing PKN dan PKW berdasarkan data-data dasar, Analisis kebutuhan pembangunan infrastruktur PUPR untuk bidang sumber daya air, bidang jalan dan jembatan, bidang infrastruktur permukiman, dan bidang perumahan, serta Penyusunan Rencana dan Program Pembangunan Infrastruktur .