PU-net

BASIS DATA
PUSAT PENGEMBANGAN INFRASTRUKTUR PEKERJAAN UMUM DAN PERUMAHAN RAKYAT WILAYAH III

Kota Baru Untia (Makassar)

Kota Baru Untia (Makassar)

Makassar
Sulawesi Selatan

FUNGSI KOTA
TANGGAL PEMBENTUKAN
KLASIFIKASI UKURAN KOTA
JUMLAH PENDUDUK
LUAS WILAYAH
WEBSITE PEMERINTAHAN

KOTA BARU UNTIA (MAKASSAR)

PROFIL UMUM KOTA MAKASSAR

  • Kota Makassar memiliki letak geografis yang sangat strategis.¬†Menjadi pusat pertemuan/titik simpul seluruh moda transportasi di Indonesia Timur.
  • Sebagai konsekuensi letak geografis tersebut kapasitas infrastruktur yang ada menjadi tidak sebanding dengan beban yang terjadi.
  • Keberadaan Pelabuhan Makassar dipandang sebagai salah satu fasilitas yang sangat strategis karena hanya satu-satunya di wilayah pantai selatan khususnya Sulawesi Selatan bagian timur.
  • Kota Makassar menjadi daya tarik utama penduduk di wilayah sekitarnya, sehingga penduduk commuter menjadi fenomena yang terjadi di Kota Makassar.
  • Meskipun belum ada data statistik yang pasti namun diperkirakan jumlah penduduk siang hari yang berada di Kota Makassar hampir tiga kali lipat dari jumlah penduduk yang tinggal di Kota Makassar.

Delineasi untuk Kota Baru Makassar mencakup Kecamatan Biringkanaya dan Kecamatan Tamanlarea yang meliputi 3 kelurahan. 

1. Kecamatan Biringkanaya: Kelurahan Untia dan Kelurahan Bulurokeng.

2. Kecamatan Tamalanrea: Kelurahan Bira.

2017 - Penyiapan Masterplan Infrastruktur Pengembangan Kawasan Kota Sedang Tebingtinggi, Dumai, Singkawang dan Kota Baru Palembang, Makassar, Manado: Untia, Makassar (Deluxe) TAMPILKAN
UNDUH

Dalam RPJMN 2015-2019 tercantum 10 Kota Baru yang akan dikembangkan salah satunya adalah Kota Baru Makassar, pengembangan kawasan perumahan dengan tema "Kota Baru Maritim".

Buku Deluxe memuat terkait pendahuluan, kebijakan pengembangan Kota Makassar, profil wilayah Kota Makassar, profil infrastruktur Kota Makassar, profil infrastruktur perkotaan, rencana pengembangan kota baru, masterplan infrastruktur pengembangan kawasan Kota Baru Makassar: Untia sebagai Kota Baru Maritim.