PU-net

BASIS DATA
PUSAT PENGEMBANGAN INFRASTRUKTUR PEKERJAAN UMUM DAN PERUMAHAN RAKYAT WILAYAH III

Kota Baru Tanjung Selor

Kota Baru Tanjung Selor

Kabupaten Bulungan
Kalimantan Utara

FUNGSI KOTA
TANGGAL PEMBENTUKAN
KLASIFIKASI UKURAN KOTA
JUMLAH PENDUDUK
LUAS WILAYAH
WEBSITE PEMERINTAHAN

DELINEASI KOTA BARU

Dasar pertimbangan penentuan delineasi Kawasan Perkotaan Baru Tanjung Selor terdiri dari Masterplan Kota Baru Tanjung Selor, Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kota Tanjung Selor, Rencana Pembangunan Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Kalimantan Utara, Rencana Pembangunan Outer Ringroad. Berikut merupakan rincian delinasi kota baru.

No Kecamatan Desa/Kelurahan
1 Tanjung Selor Tanjung Selor Hilir
2 Tanjung Selor Timur
3 Tanjung Selor Hulu
4 Jelarai Selor
5 Gunung Seriang
6 Tengkapak
7 Tanjung Palas Gunung Putih

 

2017 - Review Masterplan Development Plan & Pra Desain Kota Baru Tanjung Selor dan Sekitarnya (Deluxe) TAMPILKAN
UNDUH

Kawasan Kota Baru Tanjung Selor dan kawasan perkotaan sekitarnya merupakan hinterland salah satu pusat pertumbuhan dalam WPS Pertumbuhan Baru Tarakan-Sebatik. Fungsi dari Tanjung Selor sebagai Pusat Kegiatan Wilayah (PKW) dan pusat pemerintahan Provinsi Kalimantan Utara, didukung oleh sistem perkotaan di sekitarnya yakni Pusat Kegiatan Wilayah (PKW) Malinau, PKW Nunukan, dan Pusat Kegiatan Nasional (PKN) Tarakan.

Masterplan dan Development Plan Kota Baru Tanjung Selor telah disusun pada tahun 2015 dan pada Tahun 2017 ini dilakukan review serta penyusunan pra desain kawasan prioritas dalam rangka melakukan percepatan pembangunan Kota Baru Tanjung Selor.

Muatan dalam buku deluxe ini terdiri dari pendahuluan, isu strategis, profil infrastruktur, analisis pengembangan kawasan, konsep pengembangan kawasan, strategi keterpaduan pengembangan kawasan, dan pra desain kawasan prioritas Tanjung Selor.

2017 - Review Masterplan Development Plan & Pra Desain Kota Baru Tanjung Selor dan Sekitarnya (Laporan) TAMPILKAN
UNDUH

Muatan dalam laporan ini yaitu pendahuluan, kajian literatur dan kebijakan pengembangan kawasan Tanjung Selor dan sekitarnya, profil kawasan perkotaan Tanjung Selor dan sekitarnya, profil dan kinerja infrastruktur kawasan Tanjung Selor dan sekitarnya, analisis pengembangan kawasan perkotaan, konsep pengembangan kawasan, strategi keterpaduan, dan kawasan prioritas.

2015 - Rencana Pengembangan Kawasan Perkotaan Baru Tanjung Selor (Deluxe) TAMPILKAN
UNDUH

Pengembangan Kawasan Perkotaan Baru Tanjung Selor dapat dilihat sebagai respon logis untuk pengembangan pusat pertumbuhan perkotaan baru, khususnya di luar Pulau Jawa dan Bali yang perlu didorong demi pembangunan perkotaan yang mengedepankan prinsip-prinsip keberlanjutan (fisik-lingkungan, sosial-budaya, dan ekonomi) yang sekaligus mempertimbangkan nilai kearifan lokal (local wisdom) sebagai pembentuk identitas lokal.

Muatan dalam buku deluxe ini terdiri dari pendahuluan yang berisi latar belakang dan orientasi wilayah perencanaan, kebijakan pengembangan, profil kawasan dan infrastruktur, analisis pengembangan dan strategi keterpaduan, rencana pengembangan dan penataan kawasan, dan indikasi program.

2019 - Strategi Implementasi Keterpaduan Infrastruktur PUPR dan Non PUPR Kota Baru Mandiri Tanjung Selor (Buku Deluxe) TAMPILKAN
UNDUH

Melalui Perpres No. 2 Tahun 2015 tentang RPJMN LATAR BELAKANG 2015–2019 ditetapkan pembangunan 10+1 kota baru publik yang mandiri dan terpadu di sekitar kota atau kawasan perkotaan metropolitan di luar Pulau Jawa. Kota Baru Mandiri Tanjung Selor merupakan salah satu dari 10+1 kota baru yang diamanatkan dalam Perpres No. 2 Tahun 2015 Tentang RPJMN 2015- 2019. Implementasi pembangunan Kota baru Mandiri Tanjung Selor relatif lebih cepat jika dibandingkan dengan kota baru lain. Hal ini dikarenakan adanya Instruksi Presiden No. 9 Tahun 2018 yang mengamanatkan percepatan pembangunan Kota Baru Mandiri Tanjung Selor