PU-net

BASIS DATA
PUSAT PENGEMBANGAN INFRASTRUKTUR PEKERJAAN UMUM DAN PERUMAHAN RAKYAT WILAYAH III

Kota Baru Sorong

Kota Baru Sorong

Sorong
Papua

FUNGSI KOTA
TANGGAL PEMBENTUKAN
KLASIFIKASI UKURAN KOTA
JUMLAH PENDUDUK
LUAS WILAYAH
WEBSITE PEMERINTAHAN

DELINEASI KOTA BARU

Delineasi Kota Baru Sorong akan berada di wilayah administrasi Kota Sorong dan Kabupaten  Sorong. Untuk wilayah Kabupaten Sorong, wilayah pengembangan Kota Baru Sorong akan berada di Distrik Aimas (sesuai dengan arahan RTRW Kabupaten Sorong yang mengarahkan Distrik Aimas sebagai kawasan perkotaan). Sementara Kota Sorong terdiri dari 6 (enam) distrik, yaitu Distrik Sorong Barat, Sorong Utara, Sorong, Sorong Manoi, Sorong Timur, dan Sorong Kepulauan. Wilayah Kota Sorong dan Distrik Aimas (Kabupaten Sorong) untuk selanjutnya disebut wilayah Sorong Raya.

2017 - Masterplan dan Development Plan Kota Baru Sorong dan Sekitarnya, serta Penyusunan Pra-Desain Kawasan Prioritas (Deluxe) TAMPILKAN
UNDUH

Dalam RPJMN 2015-2019, salah satu lokasi prioritas pembangunan kota baru publik yang mandiri dan terpadu di wilayah Papua adalah di Kota Baru Sorong. Kota Baru Sorong ditetapkan sebagai pusat permukiman baru yang layak huni dan didukung oleh fasilitas ekonomi dan sosial budaya yang lengkap guna mencegah terjadinya permukiman tidak terkendali (urban sprawl) akibat urbanisasi di kota otonom terdekatnya.

Kota Baru Sorong merupakan salah satu PKN dan pusat pertumbuhan dalam WPS Pertumbuhan Baru Sorong-Manokwari. Arah pengembangan Kota Baru Sorong perlu diintegrasikan secara komprehensif dengan kebutuhan infrastrukturnya di mana Kota Baru Sorong memiliki nilai strategis kawasan sebagai pintu gerbang tanah Papua, optimalisasi pemanfaatan ruang, serta mendorong pertumbuhan ekonomi.

Buku deluxe ini merupakan ringkasan dari hasil studi pengembangan Kota Baru Sorongan yang memuat pendahuluan, profil Perkotaan Sorong, rencana pengembangan Kota Baru Sorong, Masterplan dan Development Plan Kota Baru Sorong, serta pengembangan kawasan prioritas.