PU-net

BASIS DATA
PUSAT PENGEMBANGAN KAWASAN PERKOTAAN

Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional (KPPN) Tanjung Redeb

Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional (KPPN) Tanjung Redeb

Tanjung Redeb
Provinsi Kalimantan Timur

FUNGSI KOTA
Pusat Pertumbuhan Baru
KLASIFIKASI UKURAN KOTA
Kawasan Perdesaan
JUMLAH PENDUDUK
10.293 Jiwa
LUAS WILAYAH
3.858,96 Km2
WEBSITE PEMERINTAHAN

DELINEASI KAWASAN

KKPN Tanjung Redeb adalah kawasan perdesaan yang terdapat di Kabupaten Berau Provinsi Kalimantan Timur. Berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Nasional Tahun 2005-2019, Kawasan Perdesaan Tanjung Redeb ditetapkan sebagai Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional (KPPN) dengan potensi pengembangan pariwisata dan perikanan.

Berdasarkan hasil koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Berau, delineasi wilayah KPPN Tanjung Redeb terdiri atas terdiri dari 5 (lima) desa di Kecamatan Derawan dengan luas 3.858,96 Km2. Luas wilayah KPPN Tanjung Redeb Kabupaten Berau berdasarkan hasil delineasi secara lebih rinci disajikan pada tabel berikut:

No Kecamatan Desa Luas Wilayah (km2)
1 Pulau Derawan Teluk Semanting 99,96
2 Pegat Betumbuk 547,18
3 Kasai 41,37
4 Tanjung Batu 2.982,59
5 Pulau Derawan 187,86
Jumlah 3.858,96

JUMLAH PENDUDUK

Jumlah penduduk di KPPN Tanjung Redeb pada tahun 2015 yaitu 10.293 jiwa dengan rincian sebagai berikut:

No Kecamatan Desa Jumlah Penduduk (jiwa)
1 Pulau Derawan Teluk Semanting 232
2 Pegat Betumbuk 856
3 Kasai 2.615
4 Tanjung Batu 4.896
5 Pulau Derawan 1.694
Jumlah 10.293

KINERJA INFRASTRUKTUR

Jalan

Berdasarkan panjangnya, total panjang jaringan jalan di Wilayah KPPN Tanjung Redeb adalah sepanjang 130 km dengan lebar 46 m yang terdiri jalan provinsi ± 68 km, jalan kabupaten ± 35 km dan jalan desa ± 27 km.

Kondisi sarana jalan sudah baik hampir semua jalan sudah teraspal hanya beberapa ruas terutama jalan desa yang masih berstruktur tanah dan berbatu, namun ada beberapa ruas jalan (provinsi) dengan kondisi rusak ringan. Serta masih terdapat jaringan jalan yang menghubungkan antar desa terutama Desa Tanjung Batu, Kasai & Teluk Semanting masih dengan perkerasan tanah dan kondisi jaringan jalan jeramba di dalam kawasan permukiman nelayan (di atas air) masih menggunakan konstruksi kayu dengan kondisi rusak.

Perumahan

Pola penyebaran permukiman di KPPN Tanjung Redeb Kabupaten Berau pada umumnya mengelompok dan mengikuti jaringan jalan. Pemukiman di KPPN Tanjung Redeb bertipe pemukiman pinggir pantai dan sebagian mengarah ke daratan. Terdapat permukiman kumuh di KPPN Tanjung
Redeb yaitu Desa Pulau Derawan dengan jumlah permukiman kumuh yang terdata sebanyak 200 unit dan Desa Teluk Semanting yang berlokasi di Kampung Nelayan dengan luas kawasan kumuh mencapai 2 Ha.

Air Bersih

Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional Tanjung Redeb, Kabupaten Berau merupakan kawasan yang memiliki permasalahan infrastruktur yaitu belum terpenuhinya air bersih terutama air minum secara merata. Kondisi air bersih yang selama ini digunakan di sebagian wilayah Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional Tanjung Redeb, Kabupaten Berau merupakan air payau sehingga tidak dapat dimanfaatkan untuk air minum. Karena letaknya berada di pesisir, sebagian besar masyarakat menggunakan sumur air dangkal pada kedalaman 2-3 meter yang memiliki kualitasair asin/ payau dan menampung dari air hujan untuk kegiatan MCK, sedangkan untuk keperluan masak dan minum masyarakat membeli air isi ulang berupa galon ataupun membeli dari orang yang menjajakan secara keliling air bersih, serta membeli kepada rumah tangga yang telah terlayani oleh PDAM.

Pembuangan Limbah

Sebagian besar pembuangan limbah cair rumah tangga melalui saluran selokan terbuka atau langsung ke sungai. Sebagian kecil melalui proses pengeolahan limbah cair domestik dilaksanakan dengan cara sebagai berikut:
• Sistem pembuangan air limbah yang berasal dari toilet dialirkan ke dalam septic tank (tangki septik) dan air limpasan dari tangki septik diresapkan ke dalam tanah atau dibuang ke saluran umum
• Air limbah non toilet yang berasal dari mandi, cuci dan buangan dapur dibuang langsung ke saluran umum/sungai.

Persampahan

Sistem persampahan di KPPN Tanjung Redeb – Kabupaten Berau masih belum dikelola secara baik karena sistem persampahan belum di tangani oleh instansi terkait. Pada umumnya masyarakat di KPPN Tanjung Redeb – Kabupaten Berau membuang sampahnya masih dengan sistem buang di halaman kemudian di bakar (sistem individual), belum ada petugas dari dinas terkait yang mengambil
sampah-sampah rumah tangga langsung ke tiap rumah. Angkutan pengelolaan persampahan hanya pada kawasan perdagangan & jasa di pusat kecamatan yaitu di Desa Tanjung Batu.

Kesehatan

Sarana kesehatan yang terdapat di Wilayah KPPN Tanjung Redeb – Kabupaten Berau terdiri atas sarana kesehatan berupa Puskesmas, Puskesmas Pembantu, dan Posyandu. Jumlah sarana kesehatan terbanyak di Wilayah KPPN Tanjung Redeb – Kabupaten Berau adalah Posyandu yaitu sebanyak 14 unit.

POTENSI KAWASAN

Mengingat KPPN Tanjung Redeb Kabupaten Berau memiliki luas perairan yang lebih besar dibandingkan luas daratan dimana luas perairan hampir mencapai 82% dari luas total KPPN Tanjung Redeb Kabupaten Berau, hal tersebut mendukung masyarakat di KPPN Tanjung Redeb Kabupaten Berau memiliki matapencaharian di subsektor perikanan. Potensi lainnya selain perikanan, KPPN Tanjung Redeb Kabupaten Berau juga memiliki potensi di sektor pariwisata. Kecamatan Pulau Derawan juga mempunyai potensi di subsektor perkebunan Kelapa dan Kelapa Sawit.

Perikanan

Potensi Unggulan KPPN Tanjung Redeb adalah perikanan tangkap dan budidaya laut. ± 221,4 Ton (60,61% dari total Kab. Berau): kerapu, udang, teri dll.

Perkebunan

Kecamatan Pulau Derawan juga mempunyai potensi di subsektor perkebunan Kelapa dan Kelapa Sawit. Berdasarkan data dari BPS Kabupaten Berau, pada tahun 2015 luas tanam Kelapa di Kecamatan Pulau Derawan 142,3 ha dengan produksi sekitar 118 ton. Di sektor perkebunan Kelapa Sawit pada tahun 2015 luas tanam mencapai 6.725 ha dengan produksi 15.607 ton, dimana sentra produksi kelapa dan kelapa sawit yang potensial dikembangkan yaitu Desa Tanjung Batu. Berdasarkan data dari Dinas Perkebunan Kabupaten Berau, jumlah tenaga kerja yang di serap untuk sektor perkebunan Kelapa adalah sebanyak 639 orang. Sedangkan di sektor perkebunan Kelapa Sawit, jumlah penyerapan tenaga kerja pada tahun 2015 sebanyak 3.250 orang.

Pariwisata

Sebaran potensi pariwisata di KPPN Tanjung Redeb sebagai berikut:

No Desa Atraksi Wisata Lokasi Sarana Pendukung  Pengunjung
1 Pulau Derawan        
2 Teluk Semanting Hutang Mangrove, Bekantan Teluk Semanting Traking Mangrove, Kapal, Bekantan 400 orang/bulan
Pantai Ulingan Pantai, Laut Akses Jalan Ada Baru dibuka
3 Pegat Betumbuk        
4 Kasai        
5 Tanjung Batu     Penignapan 5 buah. speed boat 40 buah, taksi 10 buah, rumah makan 3 buah  

2017 - Penyusunan Masterplan dan Pra Desain KPPN Tanjung Redeb, Berau (Deluxe) TAMPILKAN
UNDUH

KPPN merupakan kawasan perdesaan potensial dengan komoditas unggulan tertentu yang mendukung pengembangan 40 (empat puluh) pusat pertumbuhan yang telah ditetapkan dalam RPJMN. Dengan adanya KPPN, program-program lintas K/L yang terkait dengan pengembangan kawasan perdesaan dapat difokuskan pada lokasi-lokasi KPPN tersebut, sehingga pada akhir tahun penanganan yaitu tahun 2019 didapatkan kawasan perdesaan yang sudah dikembangkan secara komprehensif sehingga mampu berdikari, menjadi pilar pengembangan ekonomi wilayah, mensejahterakan masyarakat dan dapat direplikasi pada kawasan perdesaan lain di seluruh Indonesia.