PU-net

BASIS DATA
PUSAT PENGEMBANGAN KAWASAN PERKOTAAN

Profil Kota Padang Sidempuan

Kota Padang Sidempuan

Sumatera Utara

FUNGSI KOTA
Pusat Kegiatan Wilayah (PKW)
TANGGAL PEMBENTUKAN
2001-10-17
KLASIFIKASI UKURAN KOTA
Kota Sedang
JUMLAH PENDUDUK
209.796 jiwa
LUAS WILAYAH
146,85 km2
WEBSITE PEMERINTAHAN

PROFIL KOTA

Kota Padangsidimpuan terletak 432 km dari kota Medan ibukota Provinsi Sumatera Utara, dengan wilayah yang dikelilingi oleh Kabupaten Tapanuli Selatan. Posisi Kota Padangsidimpuan memiliki akses darat yang memadai dan cukup strategis, karena berada pada jalur utama yang merupakan penghubung antara berbagai pusat pertumbuhan di wilayah Sumatera. Wilayah Kota Padangsidimpuan berada di tengah Kabupaten Tapanuli Selatan. Terdapat 6 kecamatan di Kota Padangsidimpuan, yaitu Kecamatan Padangsidimpuan Angkola Julu, Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua, Kecamatan Padangsidimpuan Utara, dan Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru. 

Jumlah penduduk Kota Padangsidimpuan tahun 2016 adalah 212.917 jiwa yang terdiri dari 103.709 jiwa penduduk laki-laki dan 108.208 jiwa penduduk perempuan. Piramida penduduk Kota Padangsidimpuan tahun 2016 menunjukkan penduduk keompok umur 15-19 tahun memiliki jumlah terbanyak, namun jumlah penduduk di bawah usia 15 tahun lebih kecil. Hal ini menunjukkan bahwa upaya untuk menekan pertumbuhan penduduk selama 15 tahun terakhir cukup berhasil. Kepadatan penduduk di Kota Padangsidimpuan pada tahun 2016 mencapai 1.429 jiwa/km2 dengan kecamatan terpadat yaitu Kecamatan Padangsidimpuan Utara yang mencapai 4.568 jiwa/km2 disusul oleh Kecamatan Padangsidimpuan Selatan yang mencapai 4.424 jiwa/km2. 

 

2016 - Penyusunan Masterplan Infrastruktur PUPR Kawasan Perkotaan PKN dan PKW di Pulau Sumatera dan Jawa: Padang Sidempuan (Deluxe) TAMPILKAN
UNDUH

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 26 Tahun 2008 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional Tahun 2008-2028, fungsi Kota Padang Sidempuan dalam Sistem Perkotaan Nasional adalah sebagai Pusat Kegiatan Wilayah (PKW). Profil PKW Padang Sidempuan, Masterplan Pengembangan Infrastruktur PKW Padang Sidempuan tahun 2025, Development Plan Pengembangan Infrastruktur PKW Padang Sidempuan tahun 2015-2019, serta Program Utama PKW Padang Sidempuan tahun 2018 dibahas dalam buku deluxe ini.

2016 - Penyusunan Masterplan Infrastruktur PUPR Kawasan Perkotaan PKN dan PKW di Pulau Sumatera dan Jawa: Padang Sidempuan (Laporan) TAMPILKAN
UNDUH

Muatan dalam laporan ini terdiri dari penyiapan panduan standar dan format profil, rencana dan program infrastruktur PUPR, identifikasi data-data dasar masing-masing kawasan perkotaan, identifikasi kebijakan pembangunan kawasan perkotaan dan infrastrukturnya dalam lingkup nasional, provinsi, dan kabupaten/kota, Pengumpulan data-data infrastruktur, Identifikasi isu strategis masing-masing PKN dan PKW berdasarkan data-data dasar, Analisis kebutuhan pembangunan infrastruktur PUPR untuk bidang sumber daya air, bidang jalan dan jembatan, bidang infrastruktur permukiman, dan bidang perumahan, serta Penyusunan Rencana dan Program Pembangunan Infrastruktur .