PU-net

BASIS DATA
PUSAT PENGEMBANGAN KAWASAN PERKOTAAN

Profil Kota Yogyakarta

Kota Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta

FUNGSI KOTA
Pusat Kegiatan Nasional (PKN)
TANGGAL PEMBENTUKAN
1756-10-07
KLASIFIKASI UKURAN KOTA
Kota Sedang
JUMLAH PENDUDUK
417.744 jiwa
LUAS WILAYAH
32,5 km2
WEBSITE PEMERINTAHAN

PROFIL KOTA

Kota Yogyakarta adalah ibu kota dan pusat pemerintahan Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Kota Yogyakarta adalah kediaman bagi Sultan Hamengkubuwono dan Adipati Paku Alam. Salah satu kecamatan di Yogyakarta, yaitu Kotagede pernah menjadi pusat Kesultanan Mataram antara kurun tahun 1575-1640. Keraton (Istana) yang masih berfungsi dalam arti yang sesungguhnya adalah Keraton Ngayogyakarta dan Puro Paku Alaman, yang merupakan pecahan dari Kesultanan Mataram.

Jumlah penduduk kota Yogyakarta pada tahun 2016 adalah 417.744 jiwa yang terdiri dari 203.845 jiwa penduduk laki-laki dan 213.899 jiwa penduduk perempuan dengan kepadatan penduduk mencapai 12.854 jiwa/km2. Kedapatan penduduk tertinggi berada di Kecamatan Ngampilan sebesar 20.649 jiwa/km2 dan kepadatan penduduk terendah berada di Kecamatan Umbulharjo sebesar 10.920 jiwa/km2. 

2015 - Rencana Pengembangan Kawasan Perkotaan Yogyakarta (Deluxe) TAMPILKAN
UNDUH

Peraturan Pemerintah No. 26 Tahun 2008 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional (RTRWN) dan Perda RTRW Provinsi D.I Yogyakarta telah menetapkan Kawasan Perkotaan Yogyakarta (Aglomerasi Perkotaan Yogyakarta) sebagai Pusat Kegiatan Nasional (PKN). PP RTRWN mendefinisikan PKN sebagai kawasan perkotaan yang berfungsi untuk melayani kegiatan skala internasional, nasional atau beberapa provinsi.

2015 -Rencana Pengembangan Kawasan Perkotaan Yogyakarta (Laporan) TAMPILKAN
UNDUH

Muatan dalam laporan ini terdiri dari pendahuluan, tinjauan kebijakan pembangunan Kawasan Perkotaan Yogyakarta, profil Kawasan Perkotaan Yogyakarta, isu dan permasalahan Kawasan Perkotaan Yogayakarta, profil dan kinerja infrastruktur, analisis pengembangan, strategi keterpaduan. rencana pengembangan Kawasan Perkotaan Yogyakarta.

2015 - Executive Summary Pengembangan Indeks Kesehatan dan Kebahagiaan Warga Kawasan Perkotaan Berdasarkan Ketersediaan Infrastruktur (yogyakarta) TAMPILKAN
UNDUH

Kajian ini dilakukan untuk mengetahui peran keberadaan infrastruktur PUPR terhadap Indeks Kebahagiaan warga pada kawasan perkotaan dan lebih jauh lagi pada tingkat kesejahteraannya.

2015 - Pengembangan Indeks Kesehatan dan Kebahagiaan Warga Kawasan Perkotaan Berdasarkan Ketersediaan Infrastruktur: Yogyakarta (Laporan) TAMPILKAN
UNDUH

Muatan dalam laporan ini terdiri dari pendahuluan, konsep pembangunan kota dan indeks infrastruktur PUPR, data dan informasi dari kota-kota yang disurvei baik primer maupun sekunder, hasil indeks yaitu hasil perhitungan awal indeks infrastruktur PUPR, serta kesimpulan dan rekomendasi.