PU-net

BASIS DATA
PUSAT PENGEMBANGAN KAWASAN PERKOTAAN

Profil Kota Kotamobagu

Kota Kotamobagu

Sulawesi Utara

FUNGSI KOTA
Pusat Kegiatan Wilayah (PKW)
TANGGAL PEMBENTUKAN
2007-01-02
KLASIFIKASI UKURAN KOTA
Kota Sedang
JUMLAH PENDUDUK
121.699 jiwa
LUAS WILAYAH
68,09 km2
WEBSITE PEMERINTAHAN

PROFIL KOTA

Kota Kotamobagu merupakan salah satu kota yang terletak di Provinsi Sulawesi Utara, beribukota di Kotamobagu, terletak diantara 0°30' - 1°0' LU dan 123° - 124° BT. Wilayah Kota Kotamobagu berbatasan dengan Kabupaten Bolaang Mongondow di sebalah utara, selatan, dan barat serta Kabupaten Bolaang Mongondow Timur di sebelah timur. Kota Kotamobagu terletak di ketinggian antara 180-310 mdpl. Posisi Kota Kotamobagu berada di sebuah lembah yang dikelilingi pegunungan dan dilewati beberapa sungai, antara lain sungai Bonodon, Sungai Yoyak, sungai Motoboi Besar, sungai Tantaton, sungai Kopek, sungai Mongkonai, sungai Ongkag Mongondow, sungai Bilalang, dan sungai Kotobangon. Terdapat 4 kecamatan di Kota Kotamobagu, yaitu Kecamatan Kotamobagu Timur, Kecamatan Kotamobagu Selatan, Kecamatan Kotamobagu Barat, dan Kecamatan Kotamobagu Utara.

Jumlah penduduk Kota Kotamobagu pada tahun 2016 yaitu 121.699 jiwa yang terdiri dari 59.589 jiwa penduduk laki-laki dan 62.110 jiwa penduduk perempuan. Kepadatan penduduk Kota Kotamobagu mencapai 1.787 jiwa/km2 dengan kecamatan dengan kepadatan tertinggi yaitu Kecamatan Kotamobagu Barat sebesar 3.402 jiwa/km2 dan kecamatan dengan kepadatan terendah yaitu Kecamatan Kotamobagu Timur sebesar 968 jiwa/km2. 

Berdasarkan sistem perkotaan nasional, Kota Kotamobagu ditetapkan sebagai Pusat Kegiatan Wilayah (PKW). Dalam RPJMN 2015-2019, Kota Kotamobagu diarahkan sebagaj kota agropolitan yang berfungsi sebagai pusat pertumbuhan wilayah Provinsi yang mendukung pertumbuhan produksi pertanian wilayah di Provinsi Sulawesi Utara. 

Berdasarkan RPJMN 2015-2019, Kota Kotamobagu termasuk ke dalam lokasi prioritas yang Diarahkan sebagaj kota agropolitan yang berfungsi sebagai pusat pertumbuhan wilayah Provinsi yang mendukung pertumbuhan produksi pertanian wilayah di Provinsi Sulawesi Utara.

2018 - Penyiapan Masterplan Infrastruktur Pengembangan Kawasan Kota Sedang Banjarbaru, Kotamobagu, Lubuk Linggau dan Prabumulih TAMPILKAN
UNDUH

Lanjutan dari  10 (sepuluh) kota baru  yang tengah dilakukan di Bidang Pengembangan Infrastruktur Kota Besar dan Kota Baru pada Pusat Pengembangan Kawasan Perkotaan berdasarkan RPJMN tahun 2015 - 2019 mengenai profil kota, profil infrastruktur, konsep pengembangan, strategi pengembangan dan program pengembangan