PU-net

BASIS DATA
PUSAT PENGEMBANGAN KAWASAN PERKOTAAN

Profil Kota Mataram

Kota Mataram

Nusa Tenggara Barat

FUNGSI KOTA
Pusat Kegiatan Nasional (PKN)
TANGGAL PEMBENTUKAN
1993-08-31
KLASIFIKASI UKURAN KOTA
Kota Sedang
JUMLAH PENDUDUK
459.314 jiwa
LUAS WILAYAH
61,3 km2
WEBSITE PEMERINTAHAN

PROFIL KOTA

Kota Mataram terletak diantara 116°4' - 116°10' BT dan 8°33' - 8°38' LS dengan luas 61,3 km2. Sebagai ibukota Provinsi Nusa Tenggara Barat, Kota Mataram memiliki nilai strategis terhadap kabupaten di sekitarnya. Wilayah Kota Mataram berbatasan langsung dengan Selat Lombok di sebelah barat dan Kabupaten Lombok Barat di sebelah utara, timur, dan selatan. Ketinggian daratan Kota Mataram berkisar antara 0-75 mdpl. Kota Mataram terdiri atas 6 kecamatan, yaitu Kecamatan Ampenan, Kecamatan Sekarbela, Kecamatan Mataram, Kecamatan Selaparang, Kecamatan Cakranegara, dan Kecamatan Sandubaya. 

Jumlah penduduk Kota Mataram pada tahun 2016 yaitu 459.314 jiwa yang terdiri dari 227.097 jiwa penduduk laki-laki dan 232.217 jiwa penduduk perempuan dengan laju pertumbuhan penduduk 2,02 % pada tahun 2015-2016. Kepadatan penduduk Kota Mataram pada tahun 2016 mencapai 7.493 jiwa/km2 dengan kepadatan tertinggi berada di Kecamatan Ampenan sebesar 9.453 jiwa/km2 dan Kecamatan Mataram sebesar 7.945 jiwa/km2. 

Dalam sistem perkotaan nasional, Kota Mataram telah ditetapkan sebagai Pusat Kegiatan Nasional (PKN). Dalam RPJMN 2015-2019,  Kota Mataram termasuk ke dalam Kawasan Pekotaan Metropolitan Gumi Rinjani yang terdiri dari Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Timur, Kabupaten Lombok Tengah, dan Kabupaten Lombok Utara. 

2016 - Penyusunan Masterplan Infrastruktur PUPR Kawasan Perkotaan PKN dan PKW di Pulau Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua: Mataram (Deluxe) TAMPILKAN
UNDUH

Pusat pengembangan di Wilayah Nusa Tenggara yang merupakan Pusat Kegiatan Nasional (PKN) diarahkan untuk mendorong pengembangan kota Mataram dan Kupang sebagai pusat pelayanan primer yang sesuai dengan daya dukung lingkungannya. Profil PKN Mataram, Masterplan Pengembangan Infrastruktur PKN Kota Mataram tahun 2025, Development Plan Pengembangan Infrastruktur PKN Kota Mataram tahun 2015-2019, serta Program Utama PKN Kota Mataram tahun 2018 dibahas dalam buku deluxe ini.

2016 - Penyusunan Masterplan Infrastruktur PUPR Kawasan Perkotaan PKN dan PKW di Pulau Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua: Mataram (Laporan) TAMPILKAN
UNDUH

Muatan dalam laporan ini terdiri dari penyiapan panduan standar dan format profil, rencana dan program infrastruktur PUPR, identifikasi data-data dasar masing-masing kawasan perkotaan, identifikasi kebijakan pembangunan kawasan perkotaan dan infrastrukturnya dalam lingkup nasional, provinsi, dan kabupaten/kota, Pengumpulan data-data infrastruktur, Identifikasi isu strategis masing-masing PKN dan PKW berdasarkan data-data dasar, Analisis kebutuhan pembangunan infrastruktur PUPR untuk bidang sumber daya air, bidang jalan dan jembatan, bidang infrastruktur permukiman, dan bidang perumahan, serta Penyusunan Rencana dan Program Pembangunan Infrastruktur .

2015 - Penyusunan DED untuk Pengembangan Ecodistrict di Kota Mataram (Paparan) TAMPILKAN
UNDUH

Kota Bandung dan Kota Mataram merupakan 2 dari 8 kota terpilih yang aktif dalam program P2KH dengan kinerja baik yang dipilih sebagai 2 lokasi pilot projects Ecodistrict. Program ecodistrict bertujuan untuk mendorong terwujudnya kota hijau melalui peningkatan kualitas dan kuantitas ruang terbuka hijau yang sesuai dengan karakteristik kota dalam rangka implementasi RTRW Kabupaten/Kota serta meningkatkan kerjasama antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Perancis.