PU-net

BASIS DATA
PUSAT PENGEMBANGAN KAWASAN PERKOTAAN

Profil Kota Tarakan

Kota Tarakan

Kalimantan Utara

FUNGSI KOTA
Pusat Kegiatan Nasional (PKN)
TANGGAL PEMBENTUKAN
1997-12-15
KLASIFIKASI UKURAN KOTA
Kota Sedang
JUMLAH PENDUDUK
244.185 jiwa
LUAS WILAYAH
249,65 km2
WEBSITE PEMERINTAHAN

PROFIL KOTA

Kota Tarakan adalah sebuah kota pulau yang terletak di sebelah timur pulau Kalimantan bagian utara. Tarakan berasal dari bahasa Tidung yang artinya tempat singgah (tarak) dan makan (ngakan). Sesuai dengan namanya, pulau ini berfungsi sebagai tempat persinggahan atau tempat istirahat dan melakukan barter kaum nelayan dari Kerajaan Tidung pada masa sebelum datangnya kaum kolonial Belanda. Kota Tarakan memiliki posisi yang strategis bagi Provinsi Kalimantan Utara yaitu merupakan pintu gerbang dan pusat transit perdagangan antarpulau di wilayah utara Kalimantan dan antarnegara di kawasan Indonesia-Malaysia-Filipina. Wilayah Kota Tarakan berbatasan dengan Kecamaatan Pulau Bunyu di sebelah utara, Laut Sulawesi di sebelah timur, Kecamatan Tanjung Palas di sebelah selatan, serta Kecamatan Sesayap dan Kecamatan Sekatak di sebelah barat. Secara administratif, terdapat 4 kecamatan di Kota Tarakan yaitu Kecamatan Tarakan Timur, Kecamatan Tarakan Tengah, Kecamatan Tarakan Barat, dan Kecamatan Tarakan Utara. 

Jumlah penduduk Kota Tarakan pada tahun 2016 yaitu 244.185 jiwa yang terdiri dari 127.933 jiwa penduduk laki-laki dan 116.252 jiwa penduduk perempuan. Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, penduduk Kota Tarakan mengalami pertumbuhan sebesar 3,66% dengan kepadatan penduduk mencapai 974 jiwa/km2. Kecamatan dengan kepadatan penduduk tertinggi yaitu Kecamatan Tarakan Barat dengan kepadatan sebesar 2.923 jiwa/km2 sedangkan kecamatan dengan kepadatan penduduk terendah yaitu Kecamatan Tarakan Utara dengan kepadatan penduduk sebesar 261 jiwa/km2. 

Berdasarkan RPJMN 2015-2019 Kota Tarakan diarahkan Sebagai Pusat Kegiatan Nasional (PKN) yang berfungsi sebagai pintu gerbang kedua pulau kalimantan dan pusat transit perdagangan dengan sektor produksi wilayah seperti: Perkebunan, Perikanan, dan pertambangan.

2016 - Penyusunan Masterplan Infrastruktur PUPR Kawasan Perkotaan PKN dan PKW di Pulau Kalimantan dan Sulawesi: Tarakan (Deluxe) TAMPILKAN
UNDUH

Berdasarkan peraturan Pemerintah Nomor 26 Tahun 2008 tentang RTRWN, Kota Tarakan memiliki fungsi sebagai PKN yang menjadi pusat industri pengolahan hasil pertambangan mineral. Batubara, serta minyak dan gas bumi dan sebagai pusat pengolahan industri dan industri jasa hasil perikanan yang ramah lingkungan. Profil PKN Tarakan, Masterplan Pengembangan Infrastruktur PKN Tarakan tahun 2025, Development Plan Pengembangan Infrastruktur PKN Tarakan tahun 2015-2019, serta Program Utama PKN Tarakan tahun 2018 dibahas dalam buku deluxe ini.

2016 - Penyusunan Masterplan Infrastruktur PUPR Kawasan Perkotaan PKN dan PKW di Pulau Kalimantan dan Sulawesi: Tarakan (Laporan) TAMPILKAN
UNDUH

Muatan dalam laporan ini terdiri dari penyiapan panduan standar dan format profil, rencana dan program infrastruktur PUPR, identifikasi data-data dasar masing-masing kawasan perkotaan, identifikasi kebijakan pembangunan kawasan perkotaan dan infrastrukturnya dalam lingkup nasional, provinsi, dan kabupaten/kota, Pengumpulan data-data infrastruktur, Identifikasi isu strategis masing-masing PKN dan PKW berdasarkan data-data dasar, Analisis kebutuhan pembangunan infrastruktur PUPR untuk bidang sumber daya air, bidang jalan dan jembatan, bidang infrastruktur permukiman, dan bidang perumahan, serta Penyusunan Rencana dan Program Pembangunan Infrastruktur .