PU-net

BASIS DATA
PUSAT PENGEMBANGAN KAWASAN PERKOTAAN

Profil Kota Salatiga

Kota Salatiga

Jawa Tengah

FUNGSI KOTA
Pusat Kegiatan Nasional (PKN)
TANGGAL PEMBENTUKAN
0750-07-28
KLASIFIKASI UKURAN KOTA
Kota Sedang
JUMLAH PENDUDUK
186.420 jiwa
LUAS WILAYAH
56,8 km2
WEBSITE PEMERINTAHAN

PROFIL KOTA

Kota Salatiga merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang berada di lereng Gunung Merbabu dengan ketinggian antara 450-825 mdpl dan bersuhu 23°C-28°C sehingga berhawa cukup sejuh. Wilayah Kota Salatiga dikelilingi oleh Kabupaten Semarang. Kota ini dilalui oleh jalan nasional yang menghubungkan Kota Semarang dan Kota Surakarta. Dalam sistem perkotaan nasional, Kota Salatiga telah ditetapkan sebagai Pusat Kegiatan Nasional (PKN) dan termasuk ke dalam Kawasan Strategis Nasional Perkotaan Kedungsepur. Terdapat 4 kecamatan di Kota Salatiga, yaitu Kecamatan Argomulyo, Kecamatan Tingkir, Kecamatan Sidomukti, dan Kecamatan Sidorejo. 

Pada tahun 2016, jumlah penduduk Kota Salatiga yaitu 186.420 jiwa yang terdiri dari 91.198 jiwa penduduk laki-laki dan 95.222 jiwa penduduk perempuan. Kepadatan penduduk di Kota Salatiga mencapai 3.283 jiwa/km2 dengan kepadatan tertinggi berada di Kecamatan Tingkir sebesar 4.121 jiwa/km2 dan kepadatan terendah berada di Kecamatan Argomulyo sebesar 2.379 jiwa/km2. Jumlah angkatan kerja di Kota Salatiga dari tahun 2013 - 2015 semakin menurun, sedangkan presentase jumlah penduduk yang menganggur mengalami peningkatan menjadi 6,43% pada tahun 2015. 

2016 - Program Pengembangan Kota Kompak Cerdas Salatiga (Paparan) TAMPILKAN
UNDUH

Tujuan dari program pengembangan kota kompak cerdas ini adalah untuk menyusun rencana dan program pembangunan infrastruktur bidang PUPR di kawasan perkotaan dalam kerangka pembangunan perkotaan tematik berkelanjutan yaitu hijau, kompak, cerdas, lestari/berbudaya dan berketahanan. Lokasi Kota Kompak Cerdas di Kota Salatiga terletak di Kelurahan Blotongan dan Kelurahan Sidorejo Lor. Isu strategis yang terdapat di kedua kelurahan tersebut yaitu kawasan sekitar kampus dan sumber mata air, rawan banjir/krisis air bersih, antisipasi kerusuhan sosial/SARA/mahasiswa. Tema pengembangan Kota Kompak Cerdas di Kota Salatiga adalah Kota Hijau Berketahanan.