PU-net

BASIS DATA
PUSAT PENGEMBANGAN KAWASAN PERKOTAAN

Profil Kota Balikpapan

Kota Balikpapan

Kalimantan Timur

FUNGSI KOTA
Pusat Kegiatan Nasional (PKN)
TANGGAL PEMBENTUKAN
1897-02-10
KLASIFIKASI UKURAN KOTA
Kota Besar
JUMLAH PENDUDUK
625.968 jiwa
LUAS WILAYAH
508,39 km2
WEBSITE PEMERINTAHAN

PROFIL KOTA

Kota Balikpapan merupakan salah satu kota di Kalimantan Timur dengan posisi diantara 1 derajat LU – 1.5 derajat LS dan diantara 116,5 derajat BT – 117 derajat BT dengan batas-batas sebagai berikut :

  • Sebelah Utara berbatasan dengan Kota Samarinda dan Kabupaten Kutai
  • Sebelah Selatan berbatasan dengan Selat Makasar
  • Sebelah Timur berbatasan dengan Selat Makasar
  • Sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Pasir

Kepadatan penduduk Kota Balikpapan yaitu 1.231,27 km2. Angka pertumbuhan penduduk rata-rata Kota Balikpapan pada rentang waktu tahun 2006-2015 yaitu 2,10% per tahun. Kota Balikpapan terdiri dari 5 kecamatan, yaitu Kecamatan Balikpapan Utara, Kecamatan Balikpapan Barat, Kecamatan Balikpapan Timur, Kecamatan Balikpapan Selatan, dan Kecamatan Balikpapan Tengah. Konsentrasi kepadatan penduduk tertinggi berada di Kecamatan Balikpapan Utara dengan jumlah penduduk sebanyak 135.675  jiwa atau 21 % dari jumlah penduduk Kota Balikpapan.

Dalam sistem perkotaan nasional, Kota Balikpapan telah ditetapkan sebagai Pusat Kegiatan Nasional (PKN). Kota Balikpapan juga termasuk ke dalam Kawasan Strategis Nasional KAPET Samarinda, Sanga-Sanga, Muara Jawa dan Balikpapan. Letaknya yang strategis pada posisi silang jalur perhubungan nasional dan internasional berpengaruh pada perkembangan kota sebagai pusat jasa, perdagangan, dan industri yang tidak hanya berskala regional Kalimantan Timur saja, namun juga berkembang sebagai salah satu sentra di Indonesia Tengah. Selain itu, Kota Balikpapan sebagai pusat kegiatan eksplorasi minyak dan gas serta batu bara di seluruh Kalimantan Timur bahkan juga sebagian wilayah Kalimantan Selatan.

2016 - Penyusunan Masterplan Infrastruktur PUPR Kawasan Perkotaan PKN dan PKW di Pulau Kalimantan dan Sulawesi: Balikpapan (Deluxe) TAMPILKAN
UNDUH

Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 26/2008 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Balikpapan memiliki fungsi sebagai Pusat Kegiatan Nasional (PKN) Kawasan Perkotaan Balikpapan-Tenggarong-Samarinda-Bontang. Profil PKN Kota Balikpapan, Masterplan Pengembangan Infrastruktur PKN Kota balikpapan tahun 2025, Development Plan Pengembangan Infrastruktur PKN Kota Balikpapan tahun 2015-2019, serta Program Utama PKN Kota Balikpapan tahun 2018 dibahas dalam buku deluxe ini.

2016 - Penyusunan Masterplan Infrastruktur PUPR Kawasan Perkotaan PKN dan PKW di Pulau Kalimantan dan Sulawesi: Balikpapan (Laporan) TAMPILKAN
UNDUH

Muatan dalam laporan ini terdiri dari penyiapan panduan standar dan format profil, rencana dan program infrastruktur PUPR, identifikasi data-data dasar masing-masing kawasan perkotaan, identifikasi kebijakan pembangunan kawasan perkotaan dan infrastrukturnya dalam lingkup nasional, provinsi, dan kabupaten/kota, Pengumpulan data-data infrastruktur, Identifikasi isu strategis masing-masing PKN dan PKW berdasarkan data-data dasar, Analisis kebutuhan pembangunan infrastruktur PUPR untuk bidang sumber daya air, bidang jalan dan jembatan, bidang infrastruktur permukiman, dan bidang perumahan, serta Penyusunan Rencana dan Program Pembangunan Infrastruktur .