PU-net

BASIS DATA
PUSAT PENGEMBANGAN KAWASAN PERKOTAAN

Profil Kota Banjarmasin

Kota Banjarmasin

Kalimantan Selatan

FUNGSI KOTA
Pusat Kegiatan Nasional (PKN)
TANGGAL PEMBENTUKAN
1526-10-04
KLASIFIKASI UKURAN KOTA
Kota Besar
JUMLAH PENDUDUK
684.183 jiwa
LUAS WILAYAH
98,46 km2

PROFIL KOTA

Secara astronomis, Kota Banjarmasin terletak antara 3°16’46’’ sampai dengan 3°22’54’’ LS dan 114°31’40’’ sampai dengan 114°39’55’’ BT. Kota Banjarmasin berada pada ketinggian rata-rata 0,16 m di bawah permukaan laut dengan kondisi daerah berpaya-paya dan relatif datar sehingga hampir seluruh wilayahnya akan tergenang air saat air pasang. Kota Banjarmasin berbatasan dengan Kabupaten Barito Kuala di sebelah utara dan barat serta Kabupaten Banjar di sebelah timur dan selatan.

Kota Banjarmasin terdiri dari 5 Kecamatan yaitu Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kecamatan Banjarmasin Timur, Kecamatan Banjarmasin Barat, Kecamatan Banjarmasin Tengah, dan Kecamatan Banjarmasin Utara. Kota Banjarmasin disebut sebagai Kota Seribu Pulau karena banyaknya sungai yang melintas di wilayah Kota Banjarmasin. Kota Banjarmasin terletak dekat muara Sungai Barito dan dibelah dua oleh Sungai Martapura sehingga seolah olah Kota Banjarmasin menjadi 2 bagian. Salah satu keunikan Kota Banjarmasin yaitu terdapat banyak anak sungai yang dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai sarana transportasi selain dari jalan darat yang sudah ada. Selain itu sebagian masyarakat masih memanfaatkan sungai untuk kegiatan MCK sehari-hari. 

Dengan luas wilayah sebesar 98,46 Km2, kepadatan penduduk Kota Banjarmasin mencapai 6.949 penduduk/km2. Dari angka tersebut, penduduk Kota Banjarmasin merupakan yang terpadat jika dibandingkan dengan seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Selatan. Jika dilihat dari tahun-tahun sebelumnya, kepadatan penduduk Kota Banjarmasin selalu mengalami peningkatan hal ini sejalan dengan terjadinya pertumbuhan penduduk yang selalu meningkat dari tahun ke tahun. Berdasarkan wilayah kecamatan, maka hampir sekitar 45,51 % penduduk Kota Banjarmasin berdiam di Kecamatan Banjarmasin Selatan dan Banjarmasin Utara dengan tingkat kepadatan penduduk terbesar pada Kecamatan Banjarmasin Tengah yang mencapai 14.295 jiwa/km2 .

Dalam RPJMN 2015-2019, Kota Banjarmasin termasuk ke dalam Kawasan Perkotaan Metropolitan Banjarbakula untuk meningkatkan fungsi Banjarmasin dan Banjar Baru sebagai Pusat Kegiatan Nasional (PKN) yang mendukung pertumbuhan wilayah nasional dan memantapkan fungsi-fungsi keterkaitan dengan pusat-pusat pertumbuhan di Wilayah Pulau Kalimantan Bagian Selatan. 

2016 - Program Pengembangan Kota Kompak Cerdas: Banjarmasin (Paparan) TAMPILKAN
UNDUH

Tujuan dari program pengembangan kota kompak cerdas ini adalah untuk menyusun rencana dan program pembangunan infrastruktur bidang PUPR di kawasan perkotaan dalam kerangka pembangunan perkotaan tematik berkelanjutan yaitu hijau, kompak, cerdas, lestari/berbudaya dan berketahanan. Lokasi Kota Kompak Cerdas di Kota Banjarmasin terletak di Kawasan Kampung Ketupat. Isu strategis yang terdapat di kawasan tersebut yaitu kampung padat sebagian kumuh dan penataan kawasan tepi sungai. Tema Kota Kompak Cerdas untuk Kota Banjarmasin adalah Kota Hijau Berketahanan.