PU-net

BASIS DATA
PUSAT PENGEMBANGAN KAWASAN PERKOTAAN

Profil Kota Surabaya

Kota Surabaya

Jawa Timur

FUNGSI KOTA
Pusat Kegiatan Nasional (PKN)
TANGGAL PEMBENTUKAN
1293-06-07
KLASIFIKASI UKURAN KOTA
Kota Besar
JUMLAH PENDUDUK
2.848.583 jiwa
LUAS WILAYAH
326,81 km2
WEBSITE PEMERINTAHAN

PROFIL KOTA

Kota Surabaya adalah ibu kota Provinsi Jawa TimurIndonesia, sekaligus kota metropolitan terbesar di provinsi tersebut. Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Kota ini terletak 796 km sebelah timur Jakarta, atau 415 km sebelah barat laut DenpasarBali. Surabaya terletak di pantai utara Pulau Jawa bagian timur dan berhadapan dengan Selat Madura serta Laut Jawa. Wilayah Kota Surabaya di sebelah utara dan timur berbatasan dengan Selat Madura, sedangkan sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Gresik dan sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Sidoarjo. Luas wilayah Kota Surabaya 274,06 Km2 yang terbagi menjadi 31 kecamatan dan 163 desa/kelurahan.

Sebagai kota metropolitan, Surabaya menjadi pusat kegiatan perekonomian di daerah Jawa Timur dan sekitarnya. Sebagian besar penduduknya bergerak dalam bidang jasa, industri, dan perdagangan sehingga jarang ditemukan lahan persawahan. Banyak perusahaan besar yang berkantor pusat di Surabaya, seperti PT Sampoerna Tbk, Maspion, Wing's Group, Unilever, dan PT PAL. Kawasan industri di Surabaya diantaranya Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) dan Margomulyo. Sektor industri pengolahan dan perdagangan yang mencakup juga hotel dan restoran, merupakan kontributor utama kegiatan ekonomi surabaya yang tergabung dalam nilai Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). 

Di sektor pariwisata, surabaya memiliki objek wisata alam Kebun Binatang Wonokromo dan Pantai Kenjeran. Kota ini juga mempunyai banyak wisata sejarah dari kenangan Soerabaja Tempo Doeloe , gedung-gedung tua peninggalan zaman belanda dan jepang salah satunya adalah Hotel Oranje atau Yamato. Disamping dianugerahi wisata sejarah, surabaya juga kaya akan wisata belanja. Sebagai kota perdagangan, surabaya memiliki cukup banyak pusat perbelanjaan dan mal.

Kesenian tradisional di Kota Surabaya turnbuh dan berusaha untuk tetap dilestarikan. Bentuk kesenian tradisional kota ini banyak ragamnya. Ada seni tari, seni musik dan seni panggung. Ludruk, Gending Jula Juli Suroboyo, tari Remo, Kentrung, Okol, Seni Ujung, Besutan, upacara Loro Pangkon, tari Lenggang Suroboyo dan tari Hadrah.

2015 - Pengembangan Indeks Kesehatan dan Kebahagiaan Warga Kawasan Perkotaan Berdasarkan Ketersediaan Infrastruktur: Surabaya (Executive Summary) TAMPILKAN
UNDUH

Kajian ini dilakukan untuk mengetahui peran keberadaan infrastruktur PUPR terhadap Indeks Kebahagiaan warga pada kawasan perkotaan dan lebih jauh lagi pada tingkat kesejahteraannya.

2015 - Pengembangan Indeks Kesehatan dan Kebahagiaan Warga Kawasan Perkotaan Berdasarkan Ketersediaan Infrastruktur: Surabaya (Laporan) TAMPILKAN
UNDUH

Muatan dalam laporan ini terdiri dari pendahuluan, konsep pembangunan kota dan indeks infrastruktur PUPR, data dan informasi dari kota-kota yang disurvei baik primer maupun sekunder, hasil indeks yaitu hasil perhitungan awal indeks infrastruktur PUPR, serta kesimpulan dan rekomendasi.