PU-net

BASIS DATA
PUSAT PENGEMBANGAN KAWASAN PERKOTAAN

Kota Otonom
Sistem Perkotaan Nasional
Metropolitan
Kota Kecil dan Perdesaan
Penilaian Kinerja Kota
Produk
Penilaian Kinerja Kota
Penilaian Kinerja Kota ditinjau menggunakan 6 indikator City Prosperity Index, yaitu:

Produktivitas

Dimensi produktivitas mengukur pencapaian rata-rata kota dalam hal pertumbuhan ekonomi dan pembangunan, pengingkatan pendapatan rata-rata, serta penyediaan lapangan kerja yang layak dan penyediaan kesempatan kerja yang sama bagi semua orang.

Kualitas Hidup

Dimensi kualitas hidup mengukur prestasi rata-rata kota dalam memastikan kesejahteraan dan kepuasan umum warga melalui fasilitas kesehatan, pendidikan, rekreasi, dan keamanan sehingga warga kota dapat memaksimalkan potensi individu dan memenuhi kebutuhan hidupnya.

Infrastruktur

Dimensi infrastruktur mengukur pencapaian rata-rata kota dalam menyediakan infrastruktur yang memadai untuk mengakses air bersih, sanitasi, jaringan jalan, dan teknologi informasi dan komunikasi. Hal tersebut dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas hidup dan produktivitas dengan dukungan mobilitas dan konektivitas perkotaan.

Lingkungan

Dimensi Keberlanjutan Lingkungan mengukur pencapaian rata-rata kota dalam memastikan perlindungan lingkungan perkotaan dan asset alaminya. Hal ini harus dilakukan serentak sambil mengejar efisiensi energy, mengurangi tekanan pada lahan dan sumber daya alam sekitarnya dan mengurangi kerugian lingkungan melalui solusi kreatif dan peningkatan kondisi lingkungan.

Pemerintahan

Dimensi Tata Pemerintahan memiliki tujuan untuk menunjukkan peran tata pemerintahan kota yang efektif, kepemimpinan yang transparan, kebijakan yang tepat dan efektif, kerangka kerja institusi yang kuat, dan pengaturan kelembagaan yang baik dalam mendukung kesejahteraan kota dan keberlanjutan pembangunan.

Kesetaraan dan Inklusi Sosial

Dimensi kesetaraan dan inklusi sosial mengukur pencapaian rata-rata kota dalam memastikan pemerataan manfaat kemakmuran yang adil, mengurangi kemiskinan dan kekumuhan, melindungi hak-hak minoritas dan kelompok rentan, meningkatkan kesetaraan gender, dan memastikan partisipasi yang setara di bidang sosial, ekonomi, politik, dan budaya.
Silakan pilih kota untuk melihat penilaian kerja kota tersebut.
Penilaian Kinerja Metropolitan ditinjau menggunakan Key Performance Index yang variabelnya terdiri dari:

  Sumber Daya Air

  Jalan

  Infrastruktur Permukiman

  Perumahan

Silakan pilih metropolitan untuk melihat Key Performance Index metropolitan tersebut.