Survei Tim Kota Kecil dan Perdesaan di Kek Tanjung Pulisan, Likupang, Sulut

Pantai Pulisan, Likupang, SULUT
Jalan akses menuju Tanjung Pulisan, Likupang, SULUT
Pantai Paal, Tanjung Pulisan, Likupang, SULUT

Pada tanggal 16-17 Oktober 2019 Tim Kota Kecil dan Perdesaan, Pusat Pengembangan Kawasan Perkotaan, Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melakukan survei Quick Assessment di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata di Tanjung Pulisan, Likupang, Sulawesi Utara merupakan KEK yang pemrakarsanya adalah pihak swasta yaitu PT. Minahasa Permai Resort Development (PT. MRPD). KEK di Tanjung Pulisan ini merupakan KEK dengan orientasi pariwisata.

Kepala Dinas Pariwisata Sulut Daniel A. Mewengkang mengatakan bahwa rencana kawasan yang akan berdiri di atas lahan seluas 396 hektar itu tengah dibahas secara intensif oleh Pemerintah Provinsi Sulut dan Kementerian Pariwisata (sulawesi.bisnis.com). Penyusunan dokumen terkait penyiapan KEK Likupang ini telah lengkap, meliputi dokumen lingkungan dan yang lainnya. Dalam penyusunan dokumen masterplan dan lainnya PT MRPD dibantu oleh Dinas PU Proovinsi Sulawesi Utara.

Terkait pengengambangan KEK Likupang ada kaitannya dengan segitaemas antara KEK Likupang, Kota Baru Manado dan KEK Bintung. Selain itu, terdapat rencana pembangunan bandara di kawasan Bitung, kemudian untuk bandara Sam Ratulangi hanya difungsikan sebagai pertahanan, sedangkan untuk penumpang dan barang akan menggunakan bandara yang baru. Nantinya juga diajukan pembangunan jembatan antar pulau untuk menunjang pengembangan bandara baru rerta terdapat rencana pembangunan jalur perkeretaapian. (ags-desa)

One thought on “Survei Tim Kota Kecil dan Perdesaan di Kek Tanjung Pulisan, Likupang, Sulut”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *