Pemutakhiran Basis Data Kota Pontianak

Pembangunan Jembatan Landak Paralel

Dalam upaya pemutakhiran basis data pusat pengembangan kawasan perkotaan maka perlu pembaharuan data kota-kota di Indonesia terkait infrastruktur rencana dan kondisi eksisting. Kota yang saat ini menjadi tujuan untuk pemuakhiran data adalah Kota Pontianak dsk. Kota Pontianak adalah salah satu kota besar di Indonesia dan berstatus PKN dalam RTRW Nasional. Kota Pontianak memiliki luas 107,82 km2 atau 1/6 kali dari Kota Jakarta dengan jumlah penduduk tahun 2018 sebanyak 664.394 jiwa

Pada kegiatan ini sumber data yang dikunjungi meliputi Dinas/Badan di Kota Pontianak terkait pemrograman dan pembangunan Infrastruktur PUPR seperti Bappeda, Dinas PU dan Tata Ruang, Dinas Perumahan dan Permukiman. Selain kunjungan ke instansi, Tim Survei juga berkunjung ke lokasi insfrastruktur yang sudah terbangun seperti Jalan/Jembatan dan sarana perumahan dan permukiman yang dibangun melalui dana APBN.

Dalam kunjungan kali ini beberapa data-data yang terbaru seperti RDTR Kota Pontianak, kondisi jalan perkotaan, perumahan dan permukiman, dan lain-lain. Selain mendapatkan data Tim Juga survei ke obyek strategis di Kota Pontianak seperti Kawasan Keraton Kadariah Pontianak, yang telah direvitalisasi dengan menggunakan APBN 2018, juga disekitar keraton ada revitalisasi kawasan kumuh Kampung Beting. Selepas dari keraton, tim mengunjungi lokasi Rumah Susun Jeruju (2 Tower, 4 lantai) yang dihuni 99 KK, dibangun dengan APBN Tahun 2010 yang kondisinya sangat memprihatinkan lantai bocor dan rembesan air serta sanitasi tidak terawat.

Di hari berikutnya tim mengunjungi Rumah Susun Nipah Kuning Dalam (1 Tower diperuntukkan untuk pekerja lajang di RSUD Sultan Syarief Alkadri) yang dibangun dengan dana APBN tahun 2019 sudah selesai dalam proses serah terima BMN, dari Nipah Kuning tim mengunjungi rencana jalan lingkar luar dibagian Selatan Kota Pontianak. Selepas kunjungan tersebut, tim langsung ke Bandara Supadio dan balik Ke Jakarta. (Ags)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *