PENAJAMAN KONSEP CASCADING KINERJA SEKTOR SUMBER DAYA AIR, JALAN, PERUMAHAN DAN PERMUKIMAN DALAM RANCANGAN RENSTRA KEMENTERIAN PUPR TAHUN 2020-2024

Cascading merupakan sebuah proses menurunkan, dimana dalam hal ini berarti menurunkan sasaran-sasaran dalam Rencana Strategis Kementerian PUPR dari tingkat yang paling tinggi ke tingkat yang paling rendah. Kepala Bidang Penyusunan Rencana Strategis dan Analisa Manfaat, Zevi Azzaino menyampaikan dalam pemaparannya bahwa menyelaraskan cascading mulai dari Krisna, Sakip, dan individu selanjutnya diakumulasikan dalam Renstra adalah sangat penting. Selain itu Zevi juga menyampaikan bahwa kerangka logis dalam penetapannya dengan menggunakan konsep BSC serta perlu perumusan outcome atau dampak mulai dari input hingga ke outcome akhir.

Dapat dikatakan bahwa cascading merupakan akar dalam evaluasi kinerja. Evaluasi kinerja yang dilakukan oleh Kementerian PAN-RB pada tahun 2018 menyatakan bahwa kondisi pencapaian RB secara nasional terjadi stagnansi bahkan kecenderungan penurunan hasil penilaian RB di tahun  2018 pada sebagian besar K/L disebabkan pelebaran level/lokus penilaian dan penajaman substansi penilaian serta Kondisi permasalahan internal terutama terkait manajemen SDM belum optimal dalam menghasilkan SDM kompeten di seluruh jajaran organisasi sesuai standar kompensasi hal ini karena kinerja individu belum sepenuhnya mencerminkan tugas dan tanggungjawabnya karena proses cascading kinerja yang belum optimal.

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari Unit Organisasi teknis yang membidangi jalan dan jembatan, sumber daya air, permukiman dan sanitasi, serta perumahan. Berdasarkan hasil dari kegiatan ini, setiap unit organisasi teknis diminta untuk dapat melakukan cascading yang nantinya akan dilakukan penyelarasan dalam lingkup Kementerian PUPR. (doe/AU)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *